STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MEUBEL ADI IRMA DI KOTA PALU
Article History
Submited : April 14, 2022
Published : March 21, 2022
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi usaha mebel Adi Irma sehingga dapat meningkatkan produksi dan penjualan. Penelitian dilaksanakan pada industri Mebel Adi Irma di Kota Palu. Penetapan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja yaitu pemilik industri mebel Adi Irma, dan kemudian 1 orang konsumen dan 3 orang karyawan industri mebel Adi Irma. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dengan menggunakan daftar pertayaan. Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil perhitungan dari faktor internal dan faktor eksternal pada Mebel Adi Irma, adalah Hasil analisis diagram SWOT menunjukkan bahwa, kondisi yang tepat untukdigunakan dalam rangka peningkatan pengembangan Usaha Mebel Adi Irma di Kota Palu terletak pada strategi S-O. Alternatif strategi S-O yaitu: (1) Memanfaatkan permodalan yang cukup untuk mempertahankan produk yang berkualitas sehingga semakin dikenal masyarakat untuk meningkatkan penjualan. (2) Memanfaatkan lokasi yang strategis di jalan Trans sehingga dapat meningkatkan penjualan diluar Kota Palu dan didalam kota Palu. (3) Memanfaatkan tenaga kerja yang berpengalaman untuk bekerja sama dengan Fakultas Tehnik untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan promosi di internet sehingga dapat membantu peningkatan penjualan pada industri Mebel Adi Irma
Fulltext