ANALISIS PEMASARAN PRODUK KOPI PADA IKM TO KULAWI DI KECAMATAN KULAWI SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : March 15, 2023
Published : November 28, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk saluran pemasaran. besaran margin pemasaran, besarnya bagian harga yang diterima oleh produsen, dan tingkat efisiensi yang telah dicapai dalam pemasaran produk kopi pada IKM To Kulawi Di Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) yang terdiri dari satu pimpinan, dua karyawan, satu pedagang pengecer dan satu orang konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan bagian harga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022. Hasil dari penelitian ini didapatkan ada dua Bentuk saluran pemasaran produk kopi pada IKM To Kulawi: Saluran pertama: Produsen – Konsumen, Saluran kedua: Produsen – Pedagang pengecer – konsumen. Besar margin pemasaranpada saluran pertama dari produsen kekonsumen tidak memiliki margin pemasaran, disebabkan karena tidak ada pedagang perantara yang terlibat dalam pemasaran, konsumen datang langsung kepada produsen untuk membeli produk kopi to kulawi, pada saluran kedua dari produsen ke pedagang pengecer memiliki margin sebesar Rp 5.000. Bagian harga yang diterima Pada saluran Pertama sebesar Rp 10.000 dengan presentase 100 %, besar bagian harga pada saluran kedua adalah sebesar Rp 15.000 dengan presentase 66,67 %. Tingkat efisiensi yang dicapai oleh produsen pada saluran pertama sebesar 17,5%, dan tingkat efisiensi pada saluran kedua sebesar 20%.
Fulltext