STRATEGI PEMASARAN NUGGET IKAN PADA IKM ADI JAYA KELURAHAN NUNU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU

Article History

Submited : March 31, 2023
Published : March 28, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk nugget ikan sesuai kondisi lingkungan internal dan eksternal, serta alternatif strategi pemasaran dalam mendukung usaha IKM Adi Jaya di Kota Palu. Penelitian dilaksanakan di IKM Mas Adi Jaya, Jln. Sungai Ogotion, Kelurahan Nunu, Kec. Tatanga, Palu barat kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2021. Responden dalam penelitian ini yaitu Pimpinan IKM Adi Jaya, 2 karyawan dan 2 konsumen pada IKM Adi Jaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analilsis SWOT. Hasil analisis dari matriks SWOT IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk nugget ikan pada IKM Adi Jaya berada pada kuadran I, maka strategi difokuskan pada strategi SO yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki dalam memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif S-O yaitu : (a). Memanfaatkan tempat yang strategis untuk memenuhi permintaan produk yang cenderung meningkat, (b). Memanfaatkan merek produk yang mulai dikenal, (c). Menetapkan harga yang bisa dijangkau oleh konsumen, (d). Tersedianya teknologi dalam produksi membantu pada pelaku usaha untuk lebih berkembang kedepannya, (e) Dengan adanya modal maka akan membuat industri ini memiliki potensi pemasaran yang lebih luas, (f) Produksi yang mulai meningkat karena tidak terlepas dari adanya hubungan yang baik dengan konsumen.
Fulltext