ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI KELURAHAN PANTOLOAN KECAMATAN TAWAELI

Article History

Submited : July 21, 2023
Published : July 3, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran yang efektif, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran kopra di Kelurahan Pantoloan Kecamatan Tawaeli. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2022 di Kelurahan Pantoloan Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen kopra, pedagang pengumpul, pedagang besar. Pengambilan sampel produsen kopra dilakukan dengan menggunakan metode sensus yaitu sebanyak 16 orang responden. Selanjutnya pemilihan pedagang pengumpul dan pedagang besar menggunakan metode traching sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kopra di Kelurahan Pantoloan melalui dua saluran pemasaran yaitu:1. Petani pedagang pengumpul Pedagang Besar, 2. Petani Pedagang Besar. Hasil analisis margin pemasaran kopra saluran satu yaitu MT = Rp. 1.200/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp. 500/Kg. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 19,6% sedangkan nilai efisiensi pada saluran kedua adalah sebesar 9,67%. Hasil analisis pemasaran kopra yang berada di Kelurahan Pantoloan dapat diketahui bahwa saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran kedua.
Fulltext