STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK ABON IKAN TUNA PADA CV. RAJA BAWANG DI KOTA PALU
Article History
Submited : July 21, 2023
Published : July 4, 2023
Industri ialah suatu usaha atau kegiatan pengelolaan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Hasil industri tidak hanya berupa barang tetapi juga dalam bentuk jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang akan dikembangkan dalam produk abon ikan tuna pada CV. Raja Bawang yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan pada CV. Raja Bawang di Kota Palu. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive), yakni pada industri CV. Raja Bawang yang terletak di Jl. Abdurahman Saleh No. 33 Kelurahan Birobuli Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2022. Responden pada penelitian ini adalah pimpinan, karyawan CV. Raja Bawang, konsumen, pesaing dan dinas perdagangan dan perindustrian di Kota Palu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor pengembangan abon ikan tuna. Faktor internal total nilai sebesar 1,96 dengan skor kekuatan 1,37 dan skor kelemahan 0,59. Hal ini menunjukkan faktor kekuatan yang dimiliki lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan untuk faktor eksternal memiliki total nilai sebesar 1,93 dengan skor peluang 1,38 dan skor ancaman 0,55. Faktor peluang yang dimiliki lebih besar dari faktor ancaman, sehingga disimpulkan bahwa alternatif strategi yang digunakan untuk strategi pengembangan abon ikan tuna pada CV. Raja Bawang yaitu dengan menggunakan strategi SO dimana usaha abon ikan tuna pada CV. Raja Bawang dapat menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan
untuk memanfaatkan peluang yang ada.
Fulltext