ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA WATUBULA KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : July 24, 2023
Published : July 19, 2023

Pemasaran mempunyai peran penting karena dapat menciptakan nilai guna dari suatu barang. Tujuan penelitian mengetahui bentuk saluran pemasaran Kopra pada masing-masing saluran pemasaran, mengetahui besar margin pemasaran kopra, mengetahui bagian harga yang diterima oleh produsen (petani), mengetahui efisiensi pemasaran kopra pada masing-masing saluran pemasaran. Penelitian dilaksanakan di Desa Watubula Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, alat analisis yang digunakan adalah analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan Ada 2 saluran pemasaran yang terjadi di Desa Watubula Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, yaitu: 1) Petani (produsen) → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen Akhir. 2)Petani (produsen) → Pedagang Besar → Konsumen Akhir. Margin pemasaran kopra yang diperoleh di Desa Watubula pada saluran I yaitu sebesar Rp 2.400/kg, sedangkan margin pemasaran kopra yang diperoleh pada saluran ke II yaitu Rp900/kg. Bagian harga yang diperoleh petani (produsen) dari pemasaran kopra pada saluran I yaitu sebesar 80,64%, sedangkan bagain harga yang diterima petani pada saluran ke II yaitu 92,74%. Efisiensi pemasaran kopra di Desa Watubula pada saluran I diperoleh hasil sebesar 14,21% dan saluran ke II diperoleh hasil sebesar 13,29%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran ke II dengan nilai efisiensi sebesar 13,29%. Hal ini dikarenakan pada saluran ke II memiliki rantai pemasaran yang pendek, total margin pemasaran yang kecil, dan bagian harga yang diterima petani lebih tinggi sehingga saluran kedua lebih efisien dibandingkan dengan saluran pertama.
Fulltext