ANALISIS PEMASARAN USAHA KOPRA DI DESA MAROWO KECAMATAN ULUBONGKA KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Article History

Submited : March 28, 2024
Published : March 3, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pemasaran Kopra dari Desa Marowo Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una sampai ke Tangan Konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Marowo Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una dari Bulan September sampai dengan November 2022. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah responden 32 orang produsen (petani) dan pengambilan responden pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing Sampling)sehingga diperoleh sebanyak 1 orang pedagang pengumpul, dan 2 orang pedagang besar. Metode analisis yang digunakan menentukan margin pemasaran, margin total pemasaran, bagian harga yang diterima petani, dan efesiensi pemasran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran usaha kopra di Desa Marowo melalui dua saluran pemasaran, yaitu : (1) Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Besar Konsumen dan (2) Petani Pedagang Besar Konsumen. Hasil analisis pemasaran usaha kopra pada saluran pertama yaitu : Mt = Rp 3.500/Kg dan margin pada saluran kedua yaitu Mt = Rp 2.800/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu : 66,6% dan untuk saluran kedua yaitu : 72,8%. Sehingga petani dianjurkan untuk menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi saluran pertama sebesar 8,0% dan untuk saluran kedua sebesar 4,6%, sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama.
Fulltext