ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA RAHMAT KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI
Article History
		 Submited : November  1, 2024
		 Published : November  1, 2024
		
											Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian 
harga yang diterima produsen serta efisiensi pemasaran jagung hibrida. Penelitian ini dilaksanakan di 
Desa Rahmat Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, cara menentukan responden menggunakan metode 
sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) dengan jumlah sampel 33 responden dari 
135 petani. Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode penjajakan (Tracing 
Sampling) sebanyak 3 orang pedagang, sehingga jumlah sampel keseluruhan 36 responden. Metode 
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil analisis 
pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran jagung hibrida di Desa Rahmat terdapat dua 
saluran pemasaran yaitu: saluran pertama Produsen → Pedagang Pengumpul → Konsumen, pada 
saluran kedua Produsen → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen. Hasil analisis 
pemasaran jagung hibrida pada saluran I yaitu MT =Rp411 sedangkan saluran kedua yaitu MT = 
Rp1.453. Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu sebesar 93,68%, sedangkan pada 
saluran kedua yaitu sebesar 80,88%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama diperoleh hasil 
sebesar 3,21% dan saluran kedua diperoleh hasil sebesar 11,74%, sehingga dari kedua saluran 
tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 11,74%.
									
			 Fulltext
					
				