ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA RAHMAT KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : November 1, 2024
Published : November 1, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima produsen serta efisiensi pemasaran jagung hibrida. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rahmat Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, cara menentukan responden menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) dengan jumlah sampel 33 responden dari 135 petani. Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode penjajakan (Tracing Sampling) sebanyak 3 orang pedagang, sehingga jumlah sampel keseluruhan 36 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran jagung hibrida di Desa Rahmat terdapat dua saluran pemasaran yaitu: saluran pertama Produsen → Pedagang Pengumpul → Konsumen, pada saluran kedua Produsen → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen. Hasil analisis pemasaran jagung hibrida pada saluran I yaitu MT =Rp411 sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp1.453. Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu sebesar 93,68%, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 80,88%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 3,21% dan saluran kedua diperoleh hasil sebesar 11,74%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 11,74%.
Fulltext