ANALISIS PEMASARAN BERAS SEMI ORGANIK DI KECAMATAN MEPANGA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Article History
		 Submited : November  2, 2024
		 Published : November  1, 2024
		
					 Keywords:
				
					
											Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga 
yang diterima petani serta efisiensi pemasaran beras di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi 
Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Responden 
yang dijadikan sampel terdiri dari produsen beras semi organik, pedagang pengumpul, koperasi produsen, 
pedagang pengecer dan konsumen. Pengambilan sampel produsen beras dilakukan dengan metode 
sebanyak 10 orang petani yang mengusahakan padi sawah semi organik kemudian pengambilan sampel 
pedagang, pengecer dan konsumen dilakukan dengan metode penjajakan (Tracing Sampling Methode) 
sehingga diproleh pedagang pengumpul sebanyak 1 orang, koperasi 1 orang, pedagang pengecer 1 orang, 
dan konsumen 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di 
Kecamatan Mepanga. Total margin pemasaran beras pada saluran pertama sebesar Rp.1.000,00 saluran 
kedua sebesar Rp.2.000,00 saluran ketiga sebesar Rp. 5.000,00. Besarnya bagian harga yang diterima petani 
pada saluran pertama yaitu sebesar 92,30%, saluran kedua yaitu sebesar 86,67%, saluran ketiga yaitu sebesar 
75%. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 3,71%, saluran kedua 6,00%, saluran ketiga 
3,68%. Seluruh saluran pemasaran beras semi organik efisien hal ini dikarenakan farmer’s share di 
tiap saluran pemasaran lebih dari 50% dan nilai efisiensi di tiap saluran pemasaran berada di 0-33%.
									
			 Fulltext
					
				