ANALISIS PEMASARAN BERAS SEMI ORGANIK DI KECAMATAN MEPANGA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : November 2, 2024
Published : November 1, 2024

Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran beras di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen beras semi organik, pedagang pengumpul, koperasi produsen, pedagang pengecer dan konsumen. Pengambilan sampel produsen beras dilakukan dengan metode sebanyak 10 orang petani yang mengusahakan padi sawah semi organik kemudian pengambilan sampel pedagang, pengecer dan konsumen dilakukan dengan metode penjajakan (Tracing Sampling Methode) sehingga diproleh pedagang pengumpul sebanyak 1 orang, koperasi 1 orang, pedagang pengecer 1 orang, dan konsumen 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Mepanga. Total margin pemasaran beras pada saluran pertama sebesar Rp.1.000,00 saluran kedua sebesar Rp.2.000,00 saluran ketiga sebesar Rp. 5.000,00. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu sebesar 92,30%, saluran kedua yaitu sebesar 86,67%, saluran ketiga yaitu sebesar 75%. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 3,71%, saluran kedua 6,00%, saluran ketiga 3,68%. Seluruh saluran pemasaran beras semi organik efisien hal ini dikarenakan farmer’s share di tiap saluran pemasaran lebih dari 50% dan nilai efisiensi di tiap saluran pemasaran berada di 0-33%.
Fulltext