STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK ABON SAPI PADA UKM DAPUR PURPLE PHITY DI KOTA PALU

Article History

Submited : November 13, 2024
Published : November 13, 2024

Abon adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang telah disuwir atau dihaluskan seratnya, kemudian ditambah bumbu dan di goreng. Abon berwarna coklat terang sampai berwarna coklat kehitaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang tepat digunakan dalam mengembangkan usaha abon sapi pada UKM Dapur Purple Phity. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja, penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) responden yang diambil dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan UKM Dapur Purple Phity .Data yang diperoleh menggunakan analisis SWOT. UKM Dapur Puple Phity diperoleh posisi usaha untuk strategi pengembangan usaha abon sapi UKM Dapur Purple Phity berada pada kuadran 1, dimana pada posisi ini sebuah usaha maupun industri memiliki posisi yang kuat dan berpeluang untuk berkembang. Dari hasil kuadran SWOT maka penerapan strategi yang dapat digunakan UKM Dapur Purple Phity yaitu strategi SO. Strategi SO merupakan strategi yang dapat digunakan karena usaha/industri memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Fulltext