STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK ABON SAPI PADA UKM DAPUR PURPLE PHITY DI KOTA PALU
Article History
Submited : November 13, 2024
Published : November 13, 2024
Abon adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang telah disuwir atau dihaluskan
seratnya, kemudian ditambah bumbu dan di goreng. Abon berwarna coklat terang sampai berwarna
coklat kehitaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang tepat digunakan dalam
mengembangkan usaha abon sapi pada UKM Dapur Purple Phity. Lokasi penelitian ini ditentukan
secara sengaja, penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive)
responden yang diambil dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan UKM Dapur Purple
Phity .Data yang diperoleh menggunakan analisis SWOT. UKM Dapur Puple Phity diperoleh posisi
usaha untuk strategi pengembangan usaha abon sapi UKM Dapur Purple Phity berada pada kuadran 1,
dimana pada posisi ini sebuah usaha maupun industri memiliki posisi yang kuat dan berpeluang untuk
berkembang. Dari hasil kuadran SWOT maka penerapan strategi yang dapat digunakan UKM Dapur
Purple Phity yaitu strategi SO. Strategi SO merupakan strategi yang dapat digunakan karena
usaha/industri memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Fulltext