ANALISIS PEMASARAN SELADA HIDROPONIK DI PT. NINA AGRO JAYA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : May 4, 2025
Published : March 26, 2025

Salah satu jenis sayuran segar yang biasa dikonsumsi mentah adalah selada, yang sering ditambahkan ke dalam salad atau dimakan sebagai lauk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemasaran selada, jarak yang ditempuh dalam promosinya, kategori harga yang didapatkan petani, dan efisiensi pemasaran selada. Total partisipan berjumlah 15 orang, meliputi 4 orang petani dari PT. Nina Agro Jaya, 6 orang petani mitra, 4 orang pelanggan, dan 1 orang toko. Pemilihan responden dilakukan secara sengaja. Berbagai teknik analisis digunakan dalam penelitian ini, meliputi analisis hubungan pemasaran, analisis jarak pemasaran, analisis share harga bagi petani, dan analisis efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di PT. Nina Agro Jaya yang berlokasi di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, hasil penelitian menunjukkan yakni terdapat dua relasi pemasaran, yakni: 1) petani ke penjual pengumpul hingga pembeli final, dan 2) petani ke penjual pengumpul hingga penjual eceran hingga pembeli final.Relasi I memperoleh jarak pemasaran seluruh sebanyak Rp 1.000, sedangkan Relasi II memperoleh jarak seluruh sebanyak Rp 3.000. Sebanyak 75 persen harga masuk ke kantong petani melalui jalur pertama dan golongan harga yang diperoleh petani dalam relasi kedua sebanyak 50%, relasi pertama nilai efisiensi pemasaran sebanyak 12,5% sedangkan dalam relasi kedua nilai efisiensi pemasarn sebanyak 16,66%.
Fulltext