MODEL PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS UMKM LINDA DI KOTA PALU
Article History
Submited : July 30, 2025
Published : July 19, 2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model penerapan digital marketing dan
kendala apa saja terkait model penerapan digital marketing dalam membangun brand awareness
UMKM Linda di Kota Palu, yang dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2024. Penentuan
responden dilakukan secara purposive dengan responden sebanyak 5 orang.Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyebutkan
bahwa model penerapan digital marketing yang dilakukan oleh UMKM Linda adalah model Sosial
Media Marketing melalui platform Facebook, Instagram dan Whatsapp Business dengan menerapkan
model AIDA yaitu (Attention, Interest,desire Action) dan konsep 4c (Customers,Cost, Convenience,
Communication) untuk memahami keinginan pelanggan. Kendala yang dihadapi ada dua yaitu
kendala umum seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya pengetahuan tentang digital
marketing, kendala khusus terdapat pada platform media sosial Facebook, Instagram dan Whatsapp
Business. Brand awareness UMKM Linda berada pada tingkatan brand recognition.
Fulltext