Rantai Pemasaran Usaha Ternak Sapi di Kabupaten Sigi (Study Kasus di SPR Anutapura Kabupaten Sigi)

Article History

Submited : August 25, 2022
Published : April 12, 2023

Bentuk upaya pengembangan  ternak sapi, dipandang sangat tepat pada daerah di wilayah Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Sigi, karena merupakan salah satu komoditi potensial daerah. Hal ini dimungkinkan, karena melihat potensi dan keadaan wilayahnya serta karateristik masyarakatnya sangat mendukung. Berdasarkan tinjauan aspek geografis, klimatologis dan sosial kultur masyarakat tersebut sangat potensial dan representatif untuk pengembangan ternnak sapi. Asumsi tersebut didasari oleh beberapa faktor yang merupakan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Kecamatan Dolo Selatan Desa Bulu Bete. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 April – 3 Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi yaitu pengamatan langsung dan wawancara dengan anggota SPR Anutapura dan wawancara langsung dengan Ketua SPR Anutapura atau sekarang di sebut SASPRI (Solidaritas Alumni SPR Indonesia). Hasil penelitian menunjukan usaha ternak sapi di SASPRI menggunakan 3 pola saluran pemasaran yaitu : (1) Peternak → Konsumen, (2) Peternak → Pedagang Pengumpul → Konsumen, (3) Peternak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer→Konsumen.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Adhi Widyakto, Endang Tri Widiyarti. 2021. Strategi Pemasaran Digital Peternakan Pada Produk Susu Perah Sapi (Studi Kasus : CV Langgeng Tani Makmur). Jurnal Ilmiah Bidang Ekonomi, Vol 19. No 2. Hal 128-140.

Atmadjaja, 2003. Beternak Itik Hibrida Unggul. Penebar Swadaya. Bandung.

Astawan, 2006. Mengenal Formalin Dan Bahayanya. Jakarta: Penebar swadaya.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E - Commerce Berbasis M arketplace Dalam Upaya Mempersingkat. Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 131–136.

Ilmi, I.U.N., Eddy, T., dan Setiadi, A. 2013. Penggunaan Internet Pada Usaha Peternakan Rakyat: Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Kambing Barokah Gunungpati dan Peternakan Kelinci Hias Meteseh Kota Semarang. Animal Agriculture Journal. 2(1) : 59 – 67
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kurnianingrum, A. R. dan S.P. Syahlani. 2008. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Studi Empirik Komoditas Telur Ayam Ras. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 9 No. 2.

Kusdiartini, V., & Anugraheni, D. T. (2018). Preferensi konsumen terhadap media sosial dalam mencari dan membeli produk secara online. Ekonomi Dan Bisnis, 21(September), 8–17.

L. Aprilia, L. Cyrilla & Burhanuddin. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce di PT X Volume 6 no.3 hal 121-129.

Marzuki, S. 2005. Program Pengentasan Kemiskinan dengan Usaha Peternakan Itik di Kabupaten Magelang. Laporan Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Dipanegoro. Semarang.

Rahadi, F dan R. Hartono. 2003. Agribisnis Peternakan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sarwono dan Arianto, 2006. Penggemukan Sapi Potong Secara Cepat. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sipora., I. W. Harahap. dan Z. Hidayati. 2009. Usaha Itik Petelur Dan Telur Tetas. Program Studi Manajemen Hutan. Departemen Kehutanan. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Simmamora, 2000. Manajemen Pemasaran internasional. Jilid 1 Edisi Cetak. 1, Salemba Empat Jakarta.

Suarda, A. 2009. Saluran Pemasaran Sapi Potong di Sulawesi Selatan. J. Sains & Teknologi. 9 (2) hal : 115-118.

Sudono et al, 2003. Rata-rata produksi susu sapi perah. 6. Journal of Animal Agricultural Socio-economics 3(1) hal : 6-10.

Sugeng, 1998. Beternak Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

Sudaryanto T. dan E. Jamal. 2000. Seminar Nasional Peternakan dan veteriner, Bogor.

Thomas, S. 2013. Saluran Pemasaran dan Tataniaga Ternak Kambing. http://www.ilmuternak.com/2015/02/saluran-pemasaran-tataniaga kambing - dan-domba-diindonesia.html. Diakses pada tanggal 27 bulan Januari Tahun 2019.

Windhyarti, S. 1999. Beternak Itik Tanpa Air. Penebar Swadaya. Jakarta.

Yuwono, H., Sony dan M. Biomed. 2006. Depertemen Mikrobiologi FK Unsri. Palembang.
Riandhana, T. E., Rahayu, R., Maksun, H., Syukur, S. H., Ashad, M., & Indriani, I. (2023). Rantai Pemasaran Usaha Ternak Sapi di Kabupaten Sigi (Study Kasus di SPR Anutapura Kabupaten Sigi). Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 30(1), 10-17. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v30i1.1428
Fulltext