Analisis Kebijakan Pengembangan Perikanan Purse Seine Dengan Metode Analytical Hierarchi Process (Ahp) Di Perairan Kabupaten Parigi Moutong

Article History

Submited : June 25, 2020
Published : June 25, 2020

Makalah ini menguraikan tentang penentuan berbagai alternatif kebijakan yang sesuai dalam pengembangan perikanan purse seine berdasarkan aspek biologi, teknologi, sosial dan ekonomi (bioteknososiomi). Pengembangan perikanan tangkap merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan produksi hasil tangkapan. Berbagai aspek yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan perikanan tangkap seperti aspek biologi, teknologi, sosial dan ekonomi yang merupakan dasar pertimbangan dalam penentuan kebijakan pengembangan perikanan tangkap, khususnya perikanan purse seine. Penambahan perikanan purse seine dengan bobot (0,45), merupakan opsi prioritas utama dari keseluruhan proses pengembangan usaha perikanan berkelanjutan. Hal ini didasarkan pada besarnya bobot nilai potensi sumberdaya ikan sebagai faktor pengembangan yang paling penting. Besarnya potensi sumberdaya ikan dalam suatu perairan merupakan jaminan keberlanjutan usaha pengembangan perikanan purse seine dengan tetap konsisten mempertahankan kelestariannya. Selain itu aktor pengusaha perikanan tetap mempertimbangkan informasi dari pihak stakeholders khususnya dari aspek sosial yang akan mempengaruhi present status dari perikanan purse seine

Masyahoro, A., 2003. Analisis perikanan purse seine di perairan Teluk Tomini (suatu kajian sistem). Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Agroland. Edisi Suplemen. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Hal. 100 – 1004.

Masyahoro, A., I. Jaya, D. Manurung, 2004. Aplikasi model surplus produksi dalam pendungaan potensi sumberdaya ikan pelagis kecil di perairan Kabupaten Parigi Moutong, Teluk Tomini. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Agroland. Vol. 11 No. 3. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Hal. 289 – 297.

Masyahoro, A., I. Jaya, J. Haluan, 2005. Model pengembangan perikanan purse seine berkelanjutan di perairan Kabupaten Parigi Moutong, Teluk Tomini. BULETIN PSP. Vol. XV. No. 1. Departemen Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Hal. 17 – 30.

Nelwan, A., D. Manurung , dan I. Jaya, 2002. Pola hasil tangkapan mini purse seine di perairan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan hubungannya dengan faktor lingkungan. MARITEK. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. Vol. 2 No. 1. Fakultas Perikanan dan Kelautan, IPB. Hal. 1 – 14.

Saaty, T. L., 1993. Pengambilan keputusan bagi para pemimpin. Terjemahan Oleh Lina S. 1986. Decision Making For Leader : The Analitical Hierarchi Roces For Decision Complex World. Edisi Bahasa Indonesia. (Terjemahan Oleh Ir. Lina S.), Pt. Pustaka Binama Pressindo, Jakarta, 270 hal.

Sadhotomo, B., 2002. Pengkajian stok sumberdaya ikan kawasan Sulawesi dan Maluku. Makalah Work Shop Pengkajian Stok. Palu. 17 hal.
Masyahoro, A. (2020). Analisis Kebijakan Pengembangan Perikanan Purse Seine Dengan Metode Analytical Hierarchi Process (Ahp) Di Perairan Kabupaten Parigi Moutong. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 13(3), 275 - 281. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrolandnasional/article/view/234
Fulltext