Studi Komparatif Proses Bisnis Usaha Jigana Coffee Shop Dan Kedai Kopi Inspirasi Cibinong, Kabupaten Bogor

Article History

Submited : July 8, 2020
Published : August 19, 2020

Kedai kopi menjadi bagian dari gaya hidup serta banyak digemari oleh konsumen kopi sehingga menjadi prospek usaha yang menjanjikan. Menjamurnya kedai kopi ini menyebabkan ketatnya persaingan bisnis sehingga terjadinya fluktuasi penjualan bagi kedai kopi yang kurang dapat bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, proses bisnis, serta potensi dan kendala yang dialami Jigana Coffee Shop dan Kedai Kopi Inspirasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan alat analisis statistic deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 27 orang pada Jigana Coffee Shop dan 45 orang pada Kedai Kopi Inspirasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di Jigana Coffee Shop dan Kedai Kopi Inspirasi didominasi oleh laki-laki dan pada usia produktif, yaitu dari 20-30 tahun dengan penghasilan rata-rata Rp 1.000.000 - Rp 5.000.000. Dari segi perilaku konsumen, sebagian besar konsumen kedua kedai kopi tersebut lebih tertarik dengan kedai kopi yang rasanya enak/nikmat dan suasana yang nyaman. Proses bisnis yang ada di Jigana Coffee Shop dan Kedai Kopi Inspirasi ini relatif sama. Potensi dan kendala dari Jigana Coffee Shop dan Kedai Kopi Inspirasi ada pada variable produk, lokasi, fasilitas, kelengkapan alat, dan sumberdaya manusia.

[AEKI] Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. 2016. Konsumsi Kopi Indonesia. [internet]. [7/10/19] tersedia pada http://www.aeki-aice.org/.

Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3), 856–872.

Amir, N. H., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2017). Analisis usahatani kopi di kelompok tani hutan giri senang Desa Giri Mekar Kabupaten Bandung. Jurnal ilmiah mahasiswa agroinfo galuh, 3(3), 472-479. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i3.813.

Ariyanti T. 2014. Pengaruh strategi promosi terhadap penjualan produk di PT. United Indo Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen.[Internet].
Anderzén, J., Guzmán Luna, A., Luna-González, D.V., Merrill, S.C., Caswell, M., Méndez, V.E., Hernández Jonapá, R., Mier y Terán Giménez Cacho, M., 2020. Effects of on-farm diversification strategies on smallholder coffee farmer food security and income sufficiency in Chiapas, Mexico. Journal of Rural Studies 77, 33–46.
https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.04.001

[BPPTPM] Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Penanaman Modal. 2014. Rekapitulasi Penerbitan Tanda Daftar Usaha Pariwisata. Bogor: BPPTPM Kota Bogor

[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2018. Jumlah Restoran atau Rumah Makan Menurut Kabupaten/Kota. [internet]. [8/10/19] tersedia pada https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/472/jumlah-restoran-rumah-makan-menurut-kabupaten-kota-.html

Ballco, P., Caputo, V., de-Magistris, T., 2020. Consumer valuation of European nutritional and health claims: Do taste and attention matter? Food Quality and Preference 79, 103793.
https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2019.103793

[FAO] Food And Agricultural Organization. 2015. Food And Agricultural Commodities Production. [7/10/19]. tersedia pada http://faostat3.fao.org/

Filimonau, V., Krivcova, M., Pettit, F., 2019. An exploratory study of managerial approaches to food waste mitigation in coffee shops. International Journal of Hospitality Management 76, 48–57. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.04.010

Gerry, Y., Mongan, P., Rumagit, G. A. J., Kumaat, R. M., Sosial, J., Pertanian, E., … Sam, U. (2019). TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH KOPI K8 DI KOTA MANADO. AGRIRUD, 1(2).
Han, H., Nguyen, H.N., Song, H., Chua, B.-L., Lee, S., Kim, W., 2018. Drivers of brand loyalty in the chain coffee shop industry. International Journal of Hospitality Management 72, 86–97. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2017.12.011

[ICO] International Coffee Organization. Coffe Market Report May 2018.

[ICO] International Coffee Organization. Top 10 Coffee Producers 2018.

Ikhsan, Risyad Muhammad. Rasmikayati, Elly. 2016. Sikap dan Norma Subjektif Konsumen terhadap Pembelian Produk di Armor Kopi Garden (Suatu Kasus di Kedai Armor Kopi Garden, Legok Randu, Bandung). Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Jeon, J.-S., Kim, H.-T., Jeong, I.-H., Hong, S.-R., Oh, M.-S., Yoon, M.-H., Shim, J.-H., Jeong, J.H., Abd El-Aty, A.M., 2019. Contents of chlorogenic acids and caffeine in various coffee-related products. Journal of Advanced Research 17, 85–94.
https://doi.org/10.1016/j.jare.2019.01.002

Khan, H., Lee, R., 2020. Does packaging influence taste and quality perceptions across varying consumer demographics? Food Quality and Preference 84, 103932.
https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.103932

Ni’amullah, F., Irdiana, S., & Irawan, R. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada BJ Cafe Lumajang). Riset Manajemen, 1(1), 9–17.

Neilson, J., Wright, J., Aklimawati, L., 2018. Geographical indications and value capture in the Indonesia coffee sector. Journal of Rural Studies 59, 35–48. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2018.01.003

Pardian, P. (2017). Persepsi dan minat petani muda dalam budidaya sayuran Swiss Chard Organik. Dharmakarya, 6(3). Diakses melalui:
http://journal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14817.

Park, S., Nam, S., Lee, J., 2017. Charitable giving, suggestion, and learning from others: Pay-What-You-Want experiments at a coffee shop. Journal of Behavioral and Experimental Economics 66, 16–22.
https://doi.org/10.1016/j.socec.2016.04.010

Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v3i2.563.

Rasmikayati, E., Setiawan, I., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Karakteristik, Perilaku dan Faktor Pendorong Petani Muda Terlibat dalam Agribisnis pada Era Pasar Global. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 134-149. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v3i2.565.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo Offset.

Sukatmadiredja, N. R. (2016). Analisa Perubahan Perilaku Konsumen Terhadap Pertumbuhan Warung Kopi Di Kecamatan Rungkut Surabaya. II(1), 340–354.

Song, H., Wang, J., Han, H., 2019. Effect of image, satisfaction, trust, love, and respect on loyalty formation for name-brand coffee shops. International Journal of Hospitality Management 79, 50–59. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.12.011

Spiller, K., 2012. It tastes better because … consumer understandings of UK farmers’ market food. Appetite 59, 100–107. https://doi.org/10.1016/j.appet.2012.04.007

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi

van Ooyen-Houben, M.M.J., Bieleman, B., Korf, D.J., 2016. Tightening the Dutch coffee shop policy: Evaluation of the private club and the residence criterion. International Journal of Drug Policy 31, 113–120.
https://doi.org/10.1016/j.drugpo.2016.01.019

Widyotomo, S. 2013. Potensi Dan Teknologi Diversifikasi Limbah Kopi Menjadi Produk Bermutu Dan Bernilai Tambah. Review Penelitian Kopi dan Kakao. Vol. 1 (1) : 63-80.

Wang, M., Chen, L.-H., Su, P., Morrison, A.M., 2019. The right brew? An analysis of the tourism experiences in rural Taiwan’s coffee estates. Tourism Management Perspectives 30, 147–158. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.02.009
Deaniera, A., Rasmikayati, E., Saefudin, B., Supyandi, D., & Sukayat, Y. (2020). Studi Komparatif Proses Bisnis Usaha Jigana Coffee Shop Dan Kedai Kopi Inspirasi Cibinong, Kabupaten Bogor. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 27(2), 172- 182. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v27i2.453
Fulltext