Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik Melalui E-Commerce di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Beras Organik Eka Farm Produksi CV Agro Sukses Abadi)

Article History

Submited : February 9, 2021
Published : June 24, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap atribut beras organik Eka Farm dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian beras organik yang dipasarkan melalui sistem E-Commerce di Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu dengan accidental sampling. Jumlah sampel ditentukan secara quota sampling sebanyak 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan adalah analisis multiatribut fishbein dan analisis statistik yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kepercayaan yaitu kemasan 4.34, varian 4.29, warna 4.15, dan harga 3.72. Nilai kepentingan yaitu harga 4.22, varian 4.2, kemasan 4.19 dan warna 4.17. Sikap total konsumen sebesar 69.2065 yang berarti netral. Faktor varian, kemasan, warna dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

 

Abadi F. Dan Herwin. 2018. Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian beras organik di Jakarta. J. Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 4 (1) : 1-8

Aristarini, N. K. D. Dan N. N. Menuh. 2017. Pengaruh brand image terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk organik pada Bali Buda Shop. J. Forum Manajemen. 15 (1) : 95-104.

Badan Pusat Statistika. 2018. Statistik Indonesia 2018. BPS, Jakarta.

Ferawati, Saadah dan A. Amrullah. 2019. Pengambilan keputusan konsumen pada pembelian beras di Kota Makassar. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 15 (1) : 1-16.

Fitriana, D., T. Endaryanto dan R. Adawiyah. 2020. Kepuasan konsumen rumah tangga terhadap beras padi asal Lampung Selatan (Beras “Palas”) di Kabupaten Lampung Selatan. J. Ilmu-ilmu Agribisnis. 8 (2) : 248-255.

Habib, E. A. dan E. B. Kuntadi. 2020. Analisis willingness to pay beras organik aromatik “Botanik” Gapoktan Al-Barokah di Kabupaten Bondowoso. J. Sosial Ekonomi Perempuan. 13 (1) : 38-52.
Indrianawati, E. Dan Y. Soesatyo. 2015. Pengaruh tingkat pendapatan dan pengetahuan ekonomi terhadap tingkat konsumsi mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. J. Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 3 (1) : 214-226.

Kamila, F., E. Prasetyo dan W. Roessali. 2018. Analisis sikap konsumen pada pembelian beras di Kota Salatiga. J. Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. 3 (1) : 10-18.

Kartikasari, R. D., K. Prasetyowati dan Suswadi. 2019. Faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja beras organik di Surakarta. J. Ilmiah Agrineca. 19 (2) : 1-6.

Kusumadyadmoko, M., L. A. Permadi dan B. H. Rinuastuti. 2019. Analisis sikap konsumen terhadap Brand Clothing Lokal Lombol. J. Sosial Ekonomi dan Humaniora. 5 (1) : 48-54.

Lawendatu, J.R., J.S. Kekenusa dan D. Hatidja. 2014. Regresi linier berganda untuk menganalisis pendapatan petani pala. J. De Cartesian. 3 (1): 66-72.

Prabandari, A. C., M. Sudarma dan P. U. Wijayanti. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah pada daerah tengah dan hilir Sungai Ayung (Studi kasus Subak Mambal, Kabupaten Badung dan Subak Pagutan, Kota Denpasar). J. Agribisnis dan Agrowisata. 2 (3) : 89-98.

Rerung, R. R. 2018. E Commerce Menciptakan Daya Saing melalui Teknologi Infomasi. Deepublish, Yogyakarta.

Santoso, S. 2005. Seri Solusi Bisnis Berbasis TI, Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setiawan, A., W.A. Zakaria dan Y. Indriani. 2016. Perilaku konsumen dalam pembelian beras organik produksi kabupaten pringsewu. J. Ilmu-ilmu Agribisnis. 4 (2) : 192-199.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sutarni, T. B. Trisnanto dan B. Unteawati. 2017. Preferensi konsumen terhadap atribut produk sayuran organik di Kota Bandar Lampung. J. Penelitian Pertanian Terapan. 17 (3) : 203-211.

Swastika, N., T. Yanto dan A. Hartati. 2013. Performansi kualitas atribut beras organik dan tingkat kepuasan konsumen beras organik di Kabupaten Sragen. J. Penelitian Pertanian. 17 (2) : 103-112.

Widodo, D. R. Kamardiani dan L. Rahayu. 2016. Minat konsumen terhadap beras organik di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. J. Agraris. 2 (2) : 134-142.
Larasati, D., Prasetyo, E., & Santoso, S. I. (2021). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik Melalui E-Commerce di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Beras Organik Eka Farm Produksi CV Agro Sukses Abadi). Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 28(1), 90 - 100. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v28i1.725
Fulltext