EKSPLORASI PARASITOID DAN TINGKAT PARASITASI NYA PADA LARVA- PUPA Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae) DI SENTRA PERTANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) DI SULAWESI TENGAH

Article History

Submited : October 29, 2021
Published : October 29, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis parasitoid, untuk mendeskripsikan ciri-ciri morfologi larva-pupa P. xylostella yang terparasit, dan untuk menganalisis tingkat parasitasinya pada larva-pupa P. xylostella pada sentra produksi kubis di daerah Kabupaten Donggala Dan Kabupaten Poso. Penelitian  berlangsung pada bulan Agustus hingga November 2020. Penelitian dilaksanakan pada dua lokasi, yaitu dipertanaman kubis milik masyarakat di Desa Watumaeta Kabupaten Poso dan Desa Nupa Bomba Kabupaten Donggala pada lokasi tersebut dilakukan pengambilan sampel berupa larva P. xylostella. Pengamatan serta Identifikasi larva-pupa P. xylostella yang terparasit dilakukan di Laboratorium Hama Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Penelitian dilakukan dengan survei dan menggunakan metode Purposive Sampling, dan Identifikasi parasitoid menggunakan kunci determinasi serangga (Siwi et al., 1991). Variabel yang diamati yaitu ciri- ciri larva-pupa Plutella xylostella yang terparasit, jenis parasitoid, dan tingkat parasitasi D. semiclausum. Dari hasil penelitian ini ditemukan satu jenis parasitoid yang sama dari kedua lokasi pengambilan sampel yaitu Diadegma semiclausum (Hymenoptera: Ichneumonidae), ciri morfologi larva P. xylostella yang terparasit D. semiclausum yakni terjadi perubahan warna, dari warna hijau berubah menjadi warna hijau kekuningan pada abdomen sedikit membesar, dan pada pupa yang terparasit berwarna coklat kehitaman, rata-rata tingkat parasitisasi D. semiclausum terhadap hama P. xylostella yang tinggi terdapat di Kabupaten Donggala di Desa Nupa Bomba dengan tingkat parasitasi rata-rata 51,1% sedangkan di Kabupaten Poso di Desa watumaeta tergolong rendah dengan tingkat parasitasi rata-rata22,2%.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Luas Panen, Produksi, dan Hasil per hektar Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Sayuran di Provinsi Sulawesi Tengah. Badan Pusat Statistik. Sulawesi Tengah.

Bengtsson J, Anhstrom J, Weibull AC. 2005. The effects of organic agriculture on biodiversity and abundance: a meta-analysis. Journal of Applied Ecology 42:261–269.

Herlinda S, R. Thalib, dan R.M Saleh, 2004. Perkembangan dan Preferensi Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae) pada Lima Jenis Tumbuhan Inang. Jurnal Hayati. 11(4): 1-16.

Herlinda, S. 2005. Parasitoid dan Parasitisasi Plutella xylostella (L.) (Lepidoptera: Yponomeutidae) di Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya. 12(4): 151-156.

Indra M, 2017. Identifikasi Parasitoid Dan Predator Pada Tanaman Cabai (Capsicum Annum) Di Desa Sidera Kabupaten Sigi. [Skripsi]. Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako.

Kalshoven, L. G. E. 1981. The Pests Of Crops In Indonesia Revised and Translated. By P. A. Van der Laan. Jakarta.

Lohaus K, Vidal S, Theis C. 2013. Farming practices change food web structures in cereal aphid-parasitoid-hyperparasitoid communities. Oecologia 171:249–259.

Meilani V. 2015. Pengaruh Variasi Konsentrasi Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.) Terhadap Mortalitas dan Aktivitas Makan Hama Ulat Tritip (Plutella xylostella) Pada Tanaman Sawi Caisim (Brassica juncea L.). [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nugraha M. N., Buchori D., Nurmansyah A. dan Rizali A. 2014. Interaksi Tropik Antara Hama dan Parasitoid pada Pertanaman Sayuran: Faktor Pembentuk dan Implikasinya Terhadap Keefektifan Parasitoid. Jurnal Entomologi Indonesia. (11) 2 : 103–112.

Nurtiati. 1991. Kemampuan dan Perilaku Memarasit Trichogrammatidae bactrae Nagaraja (Hymenoptera : Trichogrammatidae) pada telur Plutella xylostella Linneus (Lepidoptera: Yponometidae). [Tesis]. Institut Pertanian Bogor.

Oka, I. N. 2005. Pengandalian Hama Terpadu dan Implementasinya di Indonesia. Gadjah Mada University press. Yogyakarta.

Rukmana. 1994. Bertanam Kubis. Kanisius. Yogyakarta.

Rusch A, Valantin-Morison M, Sarthou J-P, RogerEstrade J. 2010. Biological Control of Insect Pests in Agroecosystems: Effects of Crop Management, Farming Systems, and Seminatural Habitats at the Landscape Scale: A Review. In: Donald LS (Ed.), Advances in Agronomy. pp. 219–259: Academic Press.

Salerno G, Colazza S, Conti E. 2002. Sub-lethal effects of deltamethrin on walking behaviour and response to host kairomone of the egg parasitoid Trissolcus basalis. Pest Management Science 58:663–668.

Shahabuddin dan A. Anshari. 2010. Uji Aktivitas Insektisida Ekstrak Daun Serai
Terhadap Ulat Daun Kubis (Plutella xylostella L.)
Di Laboratorium. Jurnal Agroland. 17(3) : 178–183.

Siwi, S. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Kanisius. Yogyakarta. Hal 199.

Stasiun Meteorologi Mutiara Palu, 2020. Data Curah Hujan Bulanan Tawaeli dan BP3K Lore Utara Tahun 2016-2020. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisoka (BMKG).

Trizelia, A., 2005. Pengaruh Infeksi Beauveria bassiana terhadap Biologi Hama Crocidolomia binotalis pada Tanaman Kubis. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Unand, Padang.

Tylianakis JM, Tscharntke T, Lewis OT. 2007. Habitat modification alters the structure of tropical host– parasitoid food webs. Nature 445:202–205.

Yustina P. W. S. M. 2014. Eksplorasi dan Identifikasi Parasitoid Hama Plutella xylostella Pada Tanaman Kubis Brasicca oleracea. Jurnal of Sustainable Dryland Agriculture. (7):2
Gunawan, G., Yunus, M., & Pasaru, F. (2021). EKSPLORASI PARASITOID DAN TINGKAT PARASITASI NYA PADA LARVA- PUPA Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae) DI SENTRA PERTANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) DI SULAWESI TENGAH. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(5), 1056 - 1065. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1061
Fulltext