Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus tricolor L.) Dengan Pemberian Kosentrasi Nutrisi Berbeda Pada Sistem Nft (Nutrient Film Technique)

Article History

Submited : June 23, 2020
Published : April 28, 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dua jenis tanaman bayam pada sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) dan konsentrasi larutan AB Mix yang sesuai pada masing-masing jenis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2016, di Green House, Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako dengan menggunakan metode Rancangan Petak Terpisah. Petak utama tanaman bayam merah dan hijau, sedangkan anak petak adalah konsentrasi larutan hara AB Mix yakni 4 ml/L air, 5 ml/L air, 6 ml/L air dan 7 ml/L air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan hara AB Mix secara umum sangat baik untuk menunjang pertumbuhan bayam pada hidroponik NFT. Bayam hijau memiliki respon yang       lebih baik dari bayam merah. Tidak terjadi interaksi antara jenis dan konsentrasi larutan hara. Konsentrasi larutan hara yang baik untuk bayam hijau adalah 6 ml/L, hal tersebut ditunjukkan oleh pertumbuhan tinggi tanaman yang lebih baik pada semua umur tanaman, jumlah daun yang lebih banyak, tajuk dan akar (basah dan kering)  lebih berat, sedangkan pada bayam merah konsentrasi larutan hara 5 ml/L menghasilkan pertumbuhan paling baik namun tidak berbeda nyata dengan kosentrasi lainnya kecuali pada parameter tinggi tanaman dan berat kering tajuk tanaman.

Rukmi, S., Aiyen, A., & Rauf, A. (2017). Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus tricolor L.) Dengan Pemberian Kosentrasi Nutrisi Berbeda Pada Sistem Nft (Nutrient Film Technique). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(2), 222 - 230. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/128
Fulltext