ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA BAWANG GORENG PADA USAHA BAWANG GORENG PUTRI DI KOTA PALU

Article History

Submited : April 5, 2023
Published : April 3, 2023

Usaha Bawang goreng Putri adalah salah satu usaha yang mengolah bawang merah varietas lembah Palu menjadi produk olahan bawang goreng. Tujuan utama setiap kegiatan usaha ialah untuk memperoleh pendapatan semaksimal mungkin dan mengeluarkan biaya sejumlah tertentu mungkin sehingga kegiatan usaha tersebut dapat terus dan layak untuk diusahakan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui tingkat pendapatan dan kelayakan suatu kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pendapatan yang diperoleh dan tingkat kelayakan usaha. Bawang Goreng Putri di Kota Palu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 7 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha Bawang Goreng Putri, 4 karyawan, dan 2 konsumen Bawang Goreng Putri Kota Palu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan analisis kelayakan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata yang diperoleh usaha Bawang Goreng Putri sebesar Rp.10.043.571per bulan dan usaha Bawang Goreng Putri di Kota Palu layak untuk diusahakan. Hal ini dapat diindikasikan dengan nilai a>1 sebesar 1,67.

Abd, Rustam Rauf, Atik Andriana, dan Saiful Darman. 2015. Pengembangan Usahatani Bawang Merah Varietas Lembah Palu dan Strategi Analisis SWOT. J. Agriekonomika. Vol.4(2):245-257. Universitas Tadulako. Palu

Antara, M. 2012. Agribisnis dan Penerapannya dalam Penelitian. Edukasi Mitra Grafika. Palu.

Anisa nur, Rostiati, dan Syahraini Kadir. 2013. Mutu Bawang Goreng dari Bawang Merah Lembah Palu. J. Agrotekbis. Vol.1(1):37-43. Universitas Tadulako. Palu.

Arfinanti, Nurul. 2011. Upaya Peningkatan Nilai Tambah Produk Bawang Merah (Tindak lanjut KKN di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul). J. Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Vol. 19(1) : 41-52. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Dewi, Nurfita S.P. 2012. Untung Segunung Bertanam Aneka Bawang. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Hendra, Made Antara, dan Arifuddin Lamusa. 2014. Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Kursi Rotan Pada Ukm Meubel Sumber Rotan Tohiti Di Kota Palu. J.Agrotekbis. Vol.2(3) : 277-281. Universitas Tadulako. Palu.

Ibrahim Jabal Tarik. 2020. Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Kustiari Reni. 2017. Perilaku Harga dan Integritas Pasar Bawang Merah di Indonesia. J. Agro Ekonomi. Vol.35(2):77-87. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Jawa Barat.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Penerbit Zifatama Publisher. Siduarjo.

Pitaloka Dyah. 2017. Holtikultura : Potensi, Pengembangan dan Tantangan. J. Teknologi Terapan. Vol.1(1): 1–4. Universitas Islam Raden Rahmat. Malang.

Pratiwi Erviana Eka, Diny Dinarti, dan Awang Maharijaya. 2020. Keragaman Genetik Bawang Merah (Allium cepa var. aggregatum) Berdasarkan Marka Morfologi dan Molekuler. J. Holtikultura Indonesia. Vol.11(1) : 51-60. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rukajat Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitaive Research Approach). Penerbit Deepublish. Yogyakarta.
Salingkat,A.C. 2017. Pengembangan Usaha Pengolahan BawangGoreng Lokal di Kota Palu. J. Agroland. Vol.24(2):163-171. Universitas Tadulako. Palu.

Sarifudin Muhamad. 2021. Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah di BPRS. Bintang Pustaka Madani. Yogyakarta.

Suripto, Astuti, Aris Nurbawani, dkk. 2021. Akuntansi Manajemen. Media Sains Indonesia. Bandung.

Tadjuddah Muslim. 2016. Perikanan Kerapu Dimensi Pemanfaatan yang Berkelanjutan di Taman Nasional Wakatobi. Penerbit IPB Press. Bogor.