STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG GORENG CRISPY DONGGALA DI INDUSTRI RUMAH TANGGA MANDIRI JAYA DI DESA LABUAN PANIMBA KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : March 1, 2024
Published : April 16, 2024

Industri Rumah Tangga “Mandiri Jaya” merupakan usaha rumah tangga yang memproduksi bawang goreng, dibangun oleh Ibu Irawati pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada usaha Bawang Goreng Crispy Donggala serta mengetahahui strategi dalam pengembangan usaha Bawang Goreng Crispy Donggala di Industri Rumah Tangga Mandiri Jaya. Hasil hitung bobot dan rating yang didapatkan menunjukkan  strategi pengembangan usaha yang diterapkan oleh Industri Mandiri Jaya yaitu strategi  S-O (Menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang)  dimana Faktor Kekuatan = 2,52 dan Peluang = 2,30  lebih besar dibandingkan faktor Kelemahan = 0,83 dan Ancaman =0,78 dengan perbandingan faktor internal =1,96(sumbu X) dan faktor eksternal =1,53(Sumbu Y).

Andayani, A.M., 2007. GAP benih tanaman bawang merah. Direktorat Perbenihan dan Sarana Produksi. Jakarta.

Astuti, Dkk. 2019. Pendapatan Usaha dan Persediaan Bahan Baku Industri Bawang Goreng. Agribisnis Jurnal. 13(2): 9.

Ete, A. Dan Alam, 2009. Karakteristik Mutu Bawang Goreng Palu Sebelum Penyimpanan I. J. Agroland Vol. 16 (4) : 273-280.

Hubeis M. 2008. Modul 8: Pengelolaan Industri. Bahan Kuliah PS MPI, SPS IPB, Bogor.

Kanna, V.N dan P. Reddy. 2016. Agribusiness Analysis Of Onion in Ethiopia. IAARD Journals. 2(1):113-123.
Limbongan dan Maskar. 2003. Potensi Pengembangan dan Ketersediaan Teknologi Bawang Merah Palu di Sulawesi Tengah. Jurnal Litbang Pertanian.Vol 22. (3) : 103-108.

Maemunah dan Nurhayati. 2012. Vigor Kekuatan Tumbuh (VKT) Benih Bawang Goreng Lokal Palu Terhadap Kekeringan. J. Agrivigor Vol.11(1): 8 - 16.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi: Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo. Jakarta.

Ningsih, D. C. W. 2012. Analisis Nilai Tambah Bawang Merah Lokal Palu Menjadi Bawang Goreng Di Kota Palu,(Skripsi). Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu.

Rahardi, D. 2008. SWOT Analysis Pengertian dan Tujuan. http://dickyrahardi.com/. Diakses 01 Agustus 2022.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sulityo. 2010. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah Jurnal Ekonomi MODERNISASI. Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan. Malang.

Supriadi R. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng Pada UKM “ Usaha Bersama” Di Desa Bolupountu Jaya Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agrotekbis Vol. 1 (3) : 282-287. Fakultas Pertanian Unversitas Tadulako. Palu.

Yulianti dan Nilam, 2008. Kelayakan Usaha Agroindustri Bawang Goreng Palu di Kabupaten Donggala. J. Agroland. Vol. 15 (3) : 216-222.
Febrianti, I., Effendy, E., & Nurdin, M. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG GORENG CRISPY DONGGALA DI INDUSTRI RUMAH TANGGA MANDIRI JAYA DI DESA LABUAN PANIMBA KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(2), 395 - 403. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i2.2101
Fulltext