STRATEGI PEMASARAN USAHA KACANDIPA PADA IKM KACANDIPA TERATAI

Article History

Submited : January 30, 2025
Published : February 6, 2025

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan-Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang-Ancaman) dalam mendukung pengembangan usaha kacandipa pada IKM Kacandipa Teratai. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden sebanyak  6 orang  yang terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, 1 orang konsumen, 1 orang pesaing dan 1 orang dinas koperasi dan umkm Kabupaten Sigi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pemasaran usaha kacandipa pada IKM Kacandipa Teratai berada pada strategi ST yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (1) Memanfaatkan kualitas produk serta pengalaman usaha guna mengantisipasi perubahan selera konsumen dan ancaman produk sejenis. (2) Memaksimalkan penggunaan modal dalam pembelian bahan baku guna mengantisipasi ancaman kenaikan harga bahan baku. (3) Memanfaatkn tanaga kerja yang berpengalaman guna mendapatkan produk yang berkualitas, untuk mengantisipasi adanya ancaman dari produk pesaing sejenisnya dan selera konsumen yang berubah.

Alfiyudi Saputa M. 2022. Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada Industri Rumah Tangga Az-Zikir di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. 10(5): 755-762. 2022.

Alzarliani, W., Edy, S., & Takdir, T. (2021). Analisis Strategi pemasaran Camilan Kacang Tanah (Arachis yipogaea) Studi Kasus pada Home Industry Rapo-Rapo di Kota Raha Kabupaten Muna. Media Agribisnis. 5 (2), 140-149.
David. F.R. 2011. Strategic Manajemen-Manajemen Strategis Konsep. Jakarta:Salemba Empat.

Fachrudin, L. 2022. KeBudidaya Kacang-kacangan, Kanisius. Yogyakarta. 118 Hal.

Irawan Dedi, 2014. Strategi Pengembangan Usaha Kacang Goyang Pada Industri Rumah Tangga Primajaya di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. 6 (1): 300-311. 2018.

Lutfia, W,. 2011. Strategi Pengembangan Usaha. Salembah Empat:Jakarta.

Pdjadji Ruth A, 2022. Keragaan Pendapatan dan Strategi Pemasaran Produk Olahan Jagung dan Kacang Tanah Pada Home Industri “UD. Jagung Komodo” di Kelurahan Sikuma Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Buletin Ilmiah. IMPAS. 21 (3) : 219-221, 2020.


Raharto, Sugeng., Khusna Ismiya Yanuasari., dan Rudi Hartadi. 2015. Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Serta Strategi Pengembangan Agroindustri Kacang Oven Pada CV. TDS Mitra Garuda di Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu- Ilmu Pertanian. 13(2):126-136. 2015.

Rahmawaty, D., Nurfitriyenny, N., & Permata, D. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Kipagn Kacang Sanjai Di Kota Bukittinggi. Jurnal PROFITA : Akuntansi dan Bisnis, 2 (2), 115-127.

Rangkuti Freddy, 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia: Jakarta.

Saladin, D. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Sargius N. Making, 2022. Strategi Pemasaran Kacang Tanah di Desa Tagawiti Kecamatn Ile Kabupaten Lembata. Buletinn Ilmiah. IMPAS 23(2) : 113-122, 2022.

Soedjono, 2006. Kacang-kacangan. PT Remaja Rosdayakarya, Bandung. 47 Hal.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. 456 hal.
Syafiah, S., Hadayani, H., & Alamsyar, A. (2025). STRATEGI PEMASARAN USAHA KACANDIPA PADA IKM KACANDIPA TERATAI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(6), 1578 - 1587. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i6.2435
Fulltext