STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL ROA PADA UD. BINTANG SURAYYAH DI KOTA PALU
Article History
		 Submited : October 20, 2025
		 Published : October 31, 2025
		
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha sambal roa pada industry UD. Bintang Surayyah di Kota Palu. Responden yang di ambil dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih secara sengaja (purposive). Responden dari pihak internal terdiri 1 pemimpin dan 1 karyawan, sedangkan dari pihak eksternal terdiri 1 konsumen yang menjadi pelanggan tetap, 1 konsumen yang telah menjadi pelanggan 1 tahun, 1 pesaing dan dinas perindustrian dan perdagangan kota palu. Penelitian ini dilaksanakan di UD. Bintang Surayyah di kota palu Pada bulan maret sampai juni 2022, data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa pengembagan Usaha Sambal Roa pada UD. Bintang Surayyah berada pada strategi SO yaitu kuadran I, dimana pada posisi ini menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yaitu, (a) Memanfaatkan kemasan yang menarik serta cita rasa yang khas dari produk sambal roa (b) Dengan memaksimalkan media promosi untuk memperluas jaringan distribusi UD. Bintang Surayyah (c) serta meningkatkan kualitas produk dengan memanfaatkan pengalaman usaha untuk dapat bersaing memperluas jaringan distribusi (d) dengan kerja sama dari pemerintah dalam hal kebijakan yang dapat menjadi peluang untuk mengembangkan usaha sambal roa pada industry UD. Bintang Surayyah.
Dedi, S. 2017. Analisis Perwilayahan dan Strategi Pengembangan Peternakan Kambing di Kabupaten Lumajang. 12(2): 107-120.
Fatih, C., 2010. Strategi Pengembangan Agroindustri Perikanan Laut Di Kabupaten Tubon. J-sep. 4(3): 112-115.
Firdaus, M., 2015. Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Dalam Kontruksi Peraturan Di Indonesia. Buletin Ilmiah “MARINA” Sosial Ekonomi Pertanian. Jurnal Ilmu Perikanan. 4(5): 125-127.
Freddy Rangkuti, 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., dan G. Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Luasunaung, A., dan E. Reppiel. 2011. The status of roundscad net (talang) in Pahepa Island, Sangihe Talaud, North Sulawesi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. 10(2): 181-186.
Malan, H., dan R. Abd. Rustam. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Sambal Ikan Roa Pada Industri “Citarasaku” Kelurahan Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. e-J. Agrotekbis. 5(3): 369 – 376.
Notoatmojo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rafika. 2010. Analisis SWOT. PT. Damar Mulia Pustaka. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Reppiel, E., P. Sitanggang, J. Budiman. 2011. Pendugaan Potensi dan Musim Penangkapan Ikan Julungjulung (Hemiramphus sp.) Berdasarkan Hasil Tangkapan Soma Giop Diperairan Selat Bangka. Pacific Journal Regional Board of Research North Sulawesi. 1(6): 1010-1014.
Susatyo. 2016. Kajian Beberapa Aspek Pengolahan Ikan Secara Tradisional dalam Upaya Peningkatan Mutu Produk Perikanan di Kabupaten Jepara. E-Jurnal UNDIP. 2(1): 45-46.
Wuaten, F. J., E. Reppie, L. I. Labaro. 2011. Kajian Perikanan Tangkap Ikan Julung-Julung (Hyporhamphus affinis) di Perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis. 7(2): 80-82.