ANALISIS PEMASARAN CENGKEH DI DESA LEMBAH HARAPAN KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI
Article History
		 Submited : October 20, 2025
		 Published : October 31, 2025
		
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, margin, bagian harga yang diterima oleh petani, dan efisiensi pemasaran di Desa Lembah Harapan Kecamatan dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 sampai Februari 2021. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana sedangkan penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin dimana Jumlah responden sebanyak 40 orang, terdiri atas 36 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang besar. Hasil penelitian pada saluran pemasaran cengkeh di Desa Lembah Harapan terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pertama: petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-distributor-konsumen, saluran kedua: petani-pedagang besar-distributor-konsumen. Total margin pemasaran cengkeh yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp.20.000 dan saluran kedua yaitu sebesar Rp.15.000, bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 76,47% dan harga pada saluran kedua sebesar 81,25%, saluran pertama nilai efisiensinya sebesar 2,28% sedangkan saluran kedua nilai sebesar 1,1%. Dari kedua saluran pemasaran cengkeh tersebut, saluran yang efisien adalah saluran kedua.
Badan Pusat Statistik, 2016. Statistik Pertanian Kota Palu 2015/2020. Palu.
Elisa, Hadayani & Effendy, 2016. Analisis Pemasaran Usahatani Tomat kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. J. Agroland. Vol. 23 (1): 77-85.
Farid, Miftah. 2013. Daya Saing dan Saluran pemasaran Rumput Laut: Kasus Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Buletin ilmiah Litbang perdagangan, Vol.7 (1): 55-57.
Goenadi, Didiek. H, John Bako Baon, Herman, A. Purwoto. 2005.Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kakao di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian Jakarta.
Hasyim Al. 2012. Tataniaga Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hendra, J. H. 2013. Srategi Pengembangan Agribisnis Komoditi Cengkeh Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani di Kabupaten Trenggale. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 13 (2): 45-5.
Leni saleh, 2009. Analisis Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kakao di Kabupaten Konawe. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, Vol. 11 No. (1): 849-855, Edisi Maret. 2009. Universitas Lakidende.
Maat, H. 2014. Agriculture in Indonesia. Dalam H. Selin (Ed.), Encyclopaedia of the History of Science, Technology, and Medicine in Non-Western Cultures.
Nella. N. D. 2004. Perilaku Harga Dalam Pemasaran cengkeh dddi Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Pembangunan. Vol. 1 (1): 22-28.
Sekaran, U. 2011. Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Soekartawi, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi aksara, Jakarta.S
Soekartawi, 2002. Prinsip dasar Ekonomi PT Raja Grafindo, Jakarta.
Sudiyono, A, 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.
Sudrajat. S.W. 2002. Metode Penarikakn Sampel dan Penyusunan Skala. Diklat Pembelajaran Pada Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran Bandung.
Syukrianto, 2015. Analisis Pemasaran Bawang Merah Lembah Palu Di Desa Wombo Kalonggo Kecamatan Tanantovea Kabu paten Donggala. Jurnal Agroland. Vol. 3 (5): 638-643.
Yesi Nurjannah.A. Cepriadi. Ermi Tety. 2015. Analisis Pemasaran Biji Kakao di Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat, Jurnal Manajemen & Agribisnis. Vol. 2 (2): 1-14, Edisi Oktober. 2015. Fakultas Pertanian, Universitas Riau.
Wicaksono, Ronnie 2012. Analisis Statistika Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin. Jakarta :Griya Kreasi.