Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran Kfc Hasanuddin Palu

Article History

Submited : June 27, 2020
Published : April 30, 2018

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  bauran pemasaran  terhadap  volume  penjualan  pada  restoran  KFC Hasanuddin  Palu.  Variabel  independen  dalam  penelitian  ini  yaitu  produk  (X1),  harga  (X2), tempat/lokasi  (X3),  promosi  (X4),  dan  variabel  dependennya  yaitu  volume  penjualan (Y). Responden  terdiri  31  orang  yaitu  1  orang  manajer  dan  30  orang  konsumen  dengan  teknik  Purposive  Sampling  melalui  angket  yang  diisi  oleh responden.  Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier  berganda. Hasil penelitian dengan  menggunakan  analisis  regresi,   diperoleh persamaan  Y=6,582+0,074X1+0,059X2+0,200X3+0,837X4.  Uji  F  menunjukkan  bahwa  secara  simultan produk, harga, saluran  distribusi tempat, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap volume  penjualan  dengan  nilai  Fhitung  sebesar  278,228  dengan  signifikansi  0,000.  Uji  t  menunjukkan  Produk  3,692,  harga  2,857, saluran distribusi/tempat  9,775,  dan promosi20,190 yang  berpengaruh  secara  parsial  terhadap  volume  penjualan. Angka  Adjusted  R  Square  sebesar  0,976  =  98%  menunjukkan  bahwa volume  penjualan  dipengaruhi  oleh variabel  produk,  harga,  saluran  distribusi/tempat,dan  promosi  sebesar  98%  sedangkan  2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.

Nurhalima, N., Effendy, E., & Rukavina, R. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran Kfc Hasanuddin Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 6(2), 194 - 199. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/329
Fulltext