Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran Kfc Hasanuddin Palu
Article History
Submited : June 27, 2020
Published : April 30, 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada restoran KFC Hasanuddin Palu. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu produk (X1), harga (X2), tempat/lokasi (X3), promosi (X4), dan variabel dependennya yaitu volume penjualan (Y). Responden terdiri 31 orang yaitu 1 orang manajer dan 30 orang konsumen dengan teknik Purposive Sampling melalui angket yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi, diperoleh persamaan Y=6,582+0,074X1+0,059X2+0,200X3+0,837X4. Uji F menunjukkan bahwa secara simultan produk, harga, saluran distribusi tempat, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung sebesar 278,228 dengan signifikansi 0,000. Uji t menunjukkan Produk 3,692, harga 2,857, saluran distribusi/tempat 9,775, dan promosi20,190 yang berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,976 = 98% menunjukkan bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh variabel produk, harga, saluran distribusi/tempat,dan promosi sebesar 98% sedangkan 2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.