Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Jeruk Lokal Dan Buah Jeruk (Sunkis) Impor Kota Palu
Article History
Submited : June 20, 2020
Published : August 31, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut buah jeruk lokal dan jeruk impor apa yang paling dipertimbangkan dan menjadi preferensi konsumen di Kota Palu. Penentuan responden dilakukan secara Insidental sampling (teknik sampling kebetulan) jumlah responden penelitian yaitu sebanyak 60 responden, Analisis data yang digunakan ialah analisis chi square dan analisis multiatribut fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang membeli jeruk lokal dan jeruk impor dengan usia 19-27 sebanyak 8 responden, sebagian besar perempuan, dengan usia 28-36 sebanyak 21 responden, 35,00% sedangkan jeruk impor ialah responden yang berusia diatas 36 sebanyak 18 responden, 30,00% kemudian usia 46 sebanyak 13 responden. Hasil Chi Square terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap semua atribut buah jeruk lokal dan buah jeruk impor, kecuali pada atribut warna buah jeruk impor. Hasil multiatribut fishbein, menunjukkan sikap dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli jeruk lokal baik jeruk impor. Jeruk lokal ialah rasa buah, harga, ukuran dan warna buah, sedangkan jeruk impor ialah rasa, warna, ukuran, dan harga buah.