EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMANKAKAO (Theobroma cacao L.) DI DESA BOYANTONGO KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : September 8, 2020
Published : August 30, 2019

Evaluasi lahan merupakan bagian dari  proses perencanaan tataguna lahan. Inti evaluasi lahan adalah membandingkan persyaratan penggunaan lahan yang akan diterapkan, dengan sifat-sifat atau kualitas lahan yang dimiliki oleh lahan yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesesuaian lahan tanaman kakao (Theobroma cacao L.). Di wilayah pertanian Desa Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian yaitu metode survey dengan melakukan survey langsung di lapangan. Penentuan pengambilan titik sampel pengamatan dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan lima tahap yaitu, Persiapan, Penelitian lapangan, Analisis Laboraturium, Analisis data/pengolahan data, Pembuatan peta kesesuaian lahan dan penyusunan laporan. Variabel pengamatan yang  diambil dari data sifat fisik dan kimia tanah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman kakao di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong Kelas S3 (sesuai marginal)  Aktual terdapat pada SPL 2, SPL 3 dan SPL 4 dengan faktor pembatas f, (KTK tanah). Setelah dilakukan usaha perbaikan dengan cara yakni, penambahan bahan organik, sehingga  termasuk dalam kelas kesesuian lahan potensial S1 (Sangat sesuai) Kelas S2 (cukup sesuai) Aktual terdapat Pada SPL 1,SPL 2, SPL 3 dan SPL 4 dengan faktor pembatas r, f, n, e, b (Drainase, Tekstur, KTK Tanah, pH tanah, Total N, K2O, dan Bahaya Banjir). Setelah dilakukan usaha perbaikan dengan cara yakni, Pembuatan Saluran Drainase, Penambahan Bahan Organik, Pengapuran, Penambahan Pupuk dan Pembuatan Teras sehingga,  termasuk dalam kelas kesesuian lahan potensial S1 (Sangat sesuai). Sedangkan pada SPL 1 , SPL 2, SPL 3, dan SPL 4 dengan faktor pembatas Tekstur (r) tidak dapat dilakukan usaha perbaikan

BMKG, 2016. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Djomantara, S. dan Rachmawati, N. (2000). Cara Pemilihan Lahan Berpotensi untuk Pengembangan Pertanian Suatu Wilayah. Buletin Teknik Pertanian 5: 41-42.

Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Sulawesi Tengah, 2005.

Hardjowigeno, s. 1993. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Edisi pertama. Akademika Pressindo, Jakarta.

Kartasapoetra. (1991). Teknologi Konservasi Tanah dan Air. Jakarta: RinekaCipta.

Rajamuddin, A.U., dan I. Sanusi., 2014. Karakteristik Morfologi dan Klasifikasi Tanah Inceptisol pada Beberapa Sistem Lahan Di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. J. Agroland 21 (2) : 81 – 85.

Resman, A.S. Syamsul, dan H.S. Bambang. 2006. Kajian beberapa sifat kimia dan fisika inceptisol pada toposekuen lereng selatan gunung merapi kabupaten sleman. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan. Vol. 6 (2):101-108.

Sinukban . N., 1997., Dasar dasar konservasi tanah dan perencanaan pertanian konservasi jurusan tanah IPB, Bogor.

Siswanto, B., 1993. Evaluasi lahan. Diktat kulih fakultas pertanian universitas brawijaya. Malang.

Sitorus S. R.P, 2004. Pengembangan sumber daya lahan berkelanjutan. Laboratorium perencanaan pengembangan sumber daya lahan. Depertemen ilmu tanah, fakultas pertanian. IPB Bogor.

Spillane, J.J., 1995. Komoditi Kakao Peranannya Dalam Perekonomian Indonesia.Kanisius, Yogyakarta.

Sys, C.,E.V. Ranst., J. Debaveye., and F. Beernaert., 1993. Land Evaluation Agricultural Publivation. No.7. General Administration For Development Cooperation Place du Camp de Mars 5.Bte 57-1050 Brussels, Belgium.
Utami, S.N.H., dan Handayani., S., 2003. Sifat Kimia Entisol Pada Sistem Pertanian Organik. Ilmu Pertanian Vol. 10 No. 2, 2003 : 63-69.

Zulhajji., 2015. Evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman kakao. Fakultas pertania Universitas Tadulako.
maria, S., Rajamudin, U., & Zainuddin, R. (2019). EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMANKAKAO (Theobroma cacao L.) DI DESA BOYANTONGO KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(4), 477 - 484. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/536
Fulltext