Uji Daya Hambat Aspergillus niger Pada Berbagai Bahan Pembawa Terhadap Phytopththora palmivora Penyebab Busuk Buah Kakao (Theobroma cacao L.)

Article History

Submited : June 22, 2020
Published : February 28, 2017

Penyakit busuk buah kakao (BBK) yang disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora merupakan salah satu penyakit utama yang dapat mempengaruhi sistem produksi kakao di dunia.  Penyakit ini dapat menyebabkan kerugian hasil hingga mencapai 90% terutama pada musim hujan dan pada musim kemarau.  Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan daya hambat jamur A. niger pada berbagai jenis bahan pembawa dan lama penyimpanan terhadap Phytophtora palmivora penyebab penyakit busuk buah kakao.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktorial yakni dengan bahan pembawa dan lama penyimpanan dengan 3 ulangan, faktor 1 : (P0 = kontrol), (P1=media tepung ketan putih + tepung singkong), (P2=media tepung singkong), (P3=media tepung ketan putih + tepung jagung manis), (P4=media tepung ketan putih), (P5 = media tepung kelapa tua). Faktor 2:(A1= 1 minggu masa penyimpanan), (A2= 2 minggu masa  penyimpanan), (A3= 3 minggu masa penyimpanan), (A4= 4 minggu masa penyimpanan).  Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan pembawa tepung ketan putih+tepung jagung manis (P3) dan tepung kelapa tua (P5) dan pada lama penyimpanan A3 (minggu ke-3) lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur  P. palmivora.  sehingga dapat digunakan sebagai media pembawa untuk mendukung pertumbuhan jamur A. niger.

Wahdania, I., Asrul, A., & Rosmini, R. (2017). Uji Daya Hambat Aspergillus niger Pada Berbagai Bahan Pembawa Terhadap Phytopththora palmivora Penyebab Busuk Buah Kakao (Theobroma cacao L.). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(1), 18 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/98
Fulltext