ANALISIS SALURAN PEMASARAN KEMIRI DI DESA BALE KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA
Article History
		 Submited : November  1, 2024
		 Published : November  1, 2024
		
					 Keywords:
				
					
											Tanaman kemiri (Aleurites moluccana willd) merupakan salah satu komoditas (HHBK) Hasil 
Hutan Bukan Kayu yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di sekitar hutan karena 
memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 
bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran kemiri di Desa Bale. 
Penentuan responden digunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) 
selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode (Snowbal Sampling) diperoleh 
sebanyak 2 responden pedagang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 
responden. Penelitian ini menggunakan analisis Deksriptif untuk mengetahui bentuk saluran 
pemasaran, analisis margin pemasaran (M) margin total pemasaran (MT) dan efisiensi pemasaran 
(Ep). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua bentuk saluran pemasaran kemiri yang ada di 
desa Bale yaitu 1. petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen 2. petani – pedagang 
besar – konsumen. Hasil analisis margin pemasaran kemiri pada saluran I yaitu Rp. 28.000/Kg dan 
saluran II yaitu Rp. 23.500/Kg. Nilai efisiensi pemasaran kemiri saluran pertama yaitu 2,8% dan nilai 
efisiensi pada saluran kedua yaitu 2,5%. Sehingga dari kedua saluran pemasran tersebut, saluran yang 
lebih efisien yaitu saluran pemasaran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 2,5%.
									
			 Fulltext
					
				