ANALISIS SALURAN PEMASARAN KEMIRI DI DESA BALE KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : November 1, 2024
Published : November 1, 2024

Tanaman kemiri (Aleurites moluccana willd) merupakan salah satu komoditas (HHBK) Hasil Hutan Bukan Kayu yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di sekitar hutan karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran kemiri di Desa Bale. Penentuan responden digunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode (Snowbal Sampling) diperoleh sebanyak 2 responden pedagang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden. Penelitian ini menggunakan analisis Deksriptif untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, analisis margin pemasaran (M) margin total pemasaran (MT) dan efisiensi pemasaran (Ep). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua bentuk saluran pemasaran kemiri yang ada di desa Bale yaitu 1. petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen 2. petani – pedagang besar – konsumen. Hasil analisis margin pemasaran kemiri pada saluran I yaitu Rp. 28.000/Kg dan saluran II yaitu Rp. 23.500/Kg. Nilai efisiensi pemasaran kemiri saluran pertama yaitu 2,8% dan nilai efisiensi pada saluran kedua yaitu 2,5%. Sehingga dari kedua saluran pemasran tersebut, saluran yang lebih efisien yaitu saluran pemasaran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 2,5%.
Fulltext