STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA IKM AL-FATH DI KABUPATEN SIGI
Article History
Submited : April 20, 2025
Published : March 6, 2025
Keywords:
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengatasi kurangnya jaringan
konsumen pada produk IKM Al-Fath di Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan di rumah
produksi Al-Fath Jl. Akasia Raya No.18, Tinggede, Kec. Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember tahun 2023. Responden
dalam penelitian ini yaitu pemilik IKM Al-Fath,2 anggota keluarga yang turut membantu proses
produksi, 2 konsumen dan 1 pihak Dinas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis SWOT. Hasil analisis dari matriks SWOT IFAS dan EFAS menunjukan bahwa strategi
pemasaran produk pada IKM Al-Fath di Kabupaten Sigi berada pada kuadran 3, maka strategi
difokuskan pada Strategi WO yaitu dengan meminimalisir kelemahan internal dan memanfaatkan
peluang yang ada. Alternatif WO yaitu (1) memanfaatkan media online seperti instagram, Facebook
untuk melakukan promosi dan penjualan. (2) menambah mitra dalam memasarkan produk seperti rumah
makan yang bisa menjual kembali produk A-Fath. (3) membuat desain kemasan yang semenarik mungkin
dan turut serta dalam event-event yang di adakan oleh pemerintah seperti expo dan pemeran produk.
Fulltext