STRATEGI PENGEMBANGAN KERIPIK IKAN TONGKOL PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERIPIK IKAN BERKAH BUNDA KARTINI DI KOTA LUWUK KABUPATEN BANGGAI
Article History
Submited : April 23, 2025
Published : March 19, 2025
Keywords:
Ikan menjadi salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, sifat ikan
yang mudah busuk (Perishabel food) diperlukan adanya pengolahan yang dapat mempertahankan
mutu dan gizi yang ada dalam ikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi faktor
internal (kekuatan - kelemahan) dan faktor eksternal (peluang – ancaman) untuk menentukan Strategi
yang tepat dalam Pengembangan produk Keripik Ikan Tongkol pada UMKM Keripik Ikan Berkah
Bunda Kartini di Kota Luwuk Kabupaten Banggai. Metode Penentuan responden dalam penelitian
yaitu secara sengaja (Purposive) dengan responden sebanyak 6 orang dengan analisis data secara
deskritif dengan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis SWOT. Hasil penelitian menujukan
bahwa Strategi yang tepat untuk diterapkan dalam Pengembangan Produk Keripik Ikan Tongkol
pada UMKM Keripik ikan Berkah Bunda kartini di Kota Luwuk Kabupaten Banggai yaitu strategi S-T
atau Kuadran II (strategi Diversifikasi Produk/Pasar), dengan nilai Faktor internal kekuatan = 2,14 dan kelemahan = 1,09 serta nilai Faktor Eksternal Peluang = 1,61 dan Ancaman = 1,86, dalam kondisi ini
faktor ancaman harus dapat diminimalisir dengan memanfaatkan kekuatan yang ada. Alternatif
strategi yang dapat di terapkan yaitu : (1). Mempertahankan Harga produk, serta kualitas dari produk
yang dipasarkan sehingga bisa menghadapi persaigan harga dengan produk sejenis (2).Memperkuat
citarasa khas khusus olahan keripik ikan berkah bunda kartini (3). Terus melakukan evaluasi produk
untuk mempertahankan kualitas produk.
Fulltext