Media Terbaik Untuk Pertumbuhan Jenis Azolla microphylla dan Azolla pinnata

Article History

Submited : March 9, 2023
Published : August 7, 2023

Azolla sp merupakan tanaman yg serbaguna dan sangat bermanfaat bagi petani, banyak media yg digunakan untuk pertumbuhannya dan memberikan hasil yg mememuaskan, tetapi belum dapat diketahui mana media yg terbaik bagi Azolla sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  media tumbuh terbaik dari  jenis IRRI, pupuk NPK, pupuk kandang ayam, pupuk kandang kambing, dan pupuk kandang sapi pada pertumbuhan Azolla sp mycropylla dan Azolla sp pinnata,  dan  pH media , Kandungan C-Organik dan Kadar N pada Azolla sp microphylla dan Azolla sp pinnata. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan daua faktor perlakuan dan tiga  ulangan. Faktor pertama jenis Azolla sp dengan 2 jenis Azolla sp (Azolla sp microphylla dan Azolla sp pinnata), faktor kedua media pertumbuhan dengan 5 jenis (media IRRI, pupuk NPK, pupuk kandang ayam, pupuk kandang kambing dan pupuk kandang sapi). Media pertumbuhan terbaik pada Azolla sp adalah pada Azolla sp mycrophylla dengan media pupuk kandang ayam. Parameter yang diukur adalah berat basah biomassa Azolla sp, laju pertumbuhan relatif, pH, C-Organik, dan Kadar N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jenis Azolla sp berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan relatif, berat basah biomassa Azolla sp, dan kadar N dengan rataan tertinggi terdapat pada perlakuan A1 yaitu jenis Azolla sp microphylla, pemberian jenis media berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan relatif, berat basah Azolla sp, C-Organik dan kadar N dengan rataan tertinggi terdapat pada perlakuan  pupuk kandang  ayam, serta pH dengan rataan tertinggi terdapat pada perlakuan pupuk kandang sapi dan pemberian kombinasi jenis Azolla sp dan jenis media berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan relatif, berat basah Azolla sp, serta C-Organik dengan rataan tertinggi terdapat pada perlakuan A1M3 yaitu Azolla sp microphylla dengan pupuk kandang ayam.

Afandi, F.N., Bambang, S., Yulia, N. 2015. Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Bahan Organik terhadap Sifat Kimia Tanah pada Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Ubi Jalar di Entisol Ngrangkah Pawon, Kediri. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. Vol 2 (2): 237-244.

Arifin, Z. 2003. Pembudidayaan dan pemanfaatan pada tanaman padi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Djojosuwito, S. 2000. Azolla sp Pertanian Oganik dan Multiguna. Penerbit Kanisius. Jakarta.

Qori Hafizah, Hamidah Hanum, & Damanik, M. M. B. . (2020). Providing Azolla sp and goat manure to increase nutrient N and growth of lowland rice (Oryza sativa L.). Jurnal Pertanian Tropik , 7 (1, April), 40-46. https://doi.org/10.32734/jpt.v7i1,April.3597

Marwiyah, E. 2003. Biomassa Azolla sp microphylla dan Biologi Anabaena Azolla spe pada Beragam Medium di Laboratorium. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB. Bogor. Hal.:12-15.
Putra, D.F., Soenaryo., Setyono, Y.T. 2013. Pengaruh Pemberian berbagai Bentuk Azolla sp dan Pupuk N terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays var. Saccharata). Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 1 (4): 353-360.

Surdina, E., Sayyid, A.E., Iwan, H. 2016. Pertumbuhan Azolla sp microphylla dengan Kombinasi Pupuk Kotoran Ternak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. Vol.1 (3): 298-306.

Syahputra, R. ., Hanafiah, A. S. ., & Tengku Sabrina. Pengaruh Pemberian Azolla sp dan Bakteri Pelarut Fosfat Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Tanah Sulfat Masam. Jurnal Pertanian Tropik , 5(2), 301- 308.
https://doi.org/10.32734/jpt.v5i2.3024.

The Azolla sp Foundation. 2016. Azolla sp Biosystems, Reducing Man-Made Climate Change And Providing Food, Biofertilizer, Livestock Feed And Biofuel Anywhere In The World. The Azolla sp Foundation.

Utama, P., Dewi, F., Ganes, N. 2015. Pertumbuhan dan Serapan Nitrogen Azolla sp microphylla Akibat Pemberian Fosfat dan Ketinggian Air yang Berbeda. Jurnal Agrologia. Vol.4 (1): 41-52.
Sarah, L., Sembiring, M., & Hidayat, B. (2023). Media Terbaik Untuk Pertumbuhan Jenis Azolla microphylla dan Azolla pinnata. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 30(2), 112 - 120. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v30i2.1635
Fulltext