ANALISIS SIFAT FISIK TANAH PADA DAERAH HULU ALIRAN SUNGAI WIMBI DI DESA SAWIDAGO KECAMATAN PAMONA UTARA KABUPATEN POSO

Article History

Submited : October 29, 2021
Published : September 15, 2021

Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai sifat fisik tanah pada beberapa penggunaan lahan di Hulu Daerah Aliran Sungai Wimbi di Desa Sawidago yang saling mendukung pertumbuhan dan keberhasilan tanaman dan juga sebagai parameter utama dalam menilai keberhasilan teknik pengolahan tanah. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari  sampai dengan Maret 2019 bertempat di DAS Wimbi Desa Sawidago Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso. Kemudian analisis sifat fisik tanah dilakukan di Laboratorium Unit Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif ekspolaratif yang variable pengamatannya dilakukan melalui survei untuk mengetahui nilai prediksi erosi pada masing-masing unit lahan untuk sampel tanah ditentukan secara sengaja (purposive sampling) berdasarkan kategori penggunaan lahan dan kemiringan di lokasi penelitian. Tekstur tanah tidak bervariasi hanya lempung bedebu,  Struktur memiliki kriteria dari halus, sedang dan kasar. Konduktivitas hidrolik dengan kriteria lambat, agak lambat dan sedang. Porositas dengan kriteria buruk, sangat buruk, dan kurang baik. Bobot isi tanah dengan kriteria berat dan sedang. Dan kandungan C-organik dari kriteria rendah, sangat rendah, tinggi, dan sangat tinggi.

Arsyad, S. 2010. Konservasi Tanah dan Air Edisi 2. UPT Produksi Media Informasi Lembaga Sumberdaya. IPB. Bogor Press.

Hardjowigeno,S., 2003. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo. Jakarta.

Islami, T. dan W.H. Utomo , 1995. Hubungan Tanah, Air dan Tanaman. IKIP

Pairunan A,K, .L. Nanere, Arifin, Solo S.R Samosir, R. Tangkaisari, J. L. Lalopua, B. Ibrahim dan H. Asmadi, 1997. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Bagian Timur, Makassar.

Rosyidah Elsa, Wirosoedarmo Ruslan, 2013. Pengaruh Sifat Fisik Tanah pada Konduktivitas Hidrolik Jenuh di 5 Penggunaan Lahan (Studi Kasus di Desa Sumbersari Malang). Jurnal Agritech. Malang : Universitas Brawijaya

Syukur, A. dan Indah, N. 2006. Kajian Pengaruh Pemberian Macam Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Caism di Tanah Pasir Pantai. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan 5 (1), 61-68.
Dj, V., Pagiu, S., & Zainuddin, R. (2021). ANALISIS SIFAT FISIK TANAH PADA DAERAH HULU ALIRAN SUNGAI WIMBI DI DESA SAWIDAGO KECAMATAN PAMONA UTARA KABUPATEN POSO. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(4), 1049 - 1055. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1062
Fulltext