ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : November 18, 2021
Published : October 29, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, berapa margin pemasaran dan bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran jagung hibrida di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Penentuan responden dilakukan dengan metode sampel acak sederhana (simple random sampling method) sebanyak 42 petani  dari total populasi 71 petani yang mengusahakan komoditi jagung hibrida kemudian mengambil sampel pedagang  dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing sampling) sehingga didapat 1 responden  padagang pengumpul, 2 pedaganag pengecer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani, dan efisiensi pemasran. Hasil analisis pemasaran  menunjukan bahwa saluran pemasaran  jagung hibrida di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi melalui dua saluran yaitu : a. Petani - Pedagang Pengecer -Konsumen; dan b. Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Pengecer - Konsumen. Hasil analisis margin pemasaran jagung hibrida saluran I adalah sebesar Rp. 3.600 dan saluran II sebesar Rp. 4.900, bagian harga yang diterima petani seluran I sebesar 50%, sedangkan saluran II 42%. Efisiensi pemasaran untuk saluran 1 Sebesar 0,33%, sedangkan saluran II 0,37%. Sehingga dari dua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 0,33%.

Anindita, 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabya.

Daniel, M. 2002. Pengetahuan Ilmu Ekonomi. Bumi Askara, Jakarta.

Hanafiah, AM, Sefuddin, AM. 2006. Tataniaga Hasil Perikanan. Jakarta (ID): Universitas Indonesia Press.

Lihawa, RI, 2017. Analisis Pemasaran Jagung di Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Mitra Sains : Volume 5 Nomor 4, hlm 93-104.

Pamungkas, DB, Pujiharto, DB. 2016. Analisis Pemasaran Jagung (Zae Mays L.) Di Desa Karang malang Kecamatan Kedung banteng Kabupaten Tegal. Agritech : Vol. XVIII hlm 101 – 106.

Swastha dan Sokotjo, 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Moderen. CV. Pionong Group. Bandung.

Widiastuti N, Harisudin M. 2013. Saluran dan marjin pemasaran jagung di Kabupaten Grobogan. SEPA. 9(2):231−240.
Firani, L., Howara, D., & Effendy, E. (2021). ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(5), 1148 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1086
Fulltext