PERBANDINGAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENJUALAN ELEKTRONIK ( E COMMERCE) (STUDI KASUS UKM KERIPIK PALU LECKER DAN KERIPIK AZIZAH)

Article History

Submited : December 22, 2021
Published : December 15, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja UKM dengan penggunaan e commerce.waktu penelitian di UKM Keripik Palu Lecker dan Keripik Azizah di Kota Palu pada bulan Maret sampai April 2019. Responden yaitu ditentukan secara sengaja. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis terdiri dari 5 indikator : arus kas, biaya operasional, jaringan bisnis, jumlah produksi dan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa arus kas Keripik Palu Lecker adalah Rp. 11.985.514 sedangkan Keripik Azizah adalah Rp. 3.145.158, biaya operasional yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan sangat berbeda dimana Keripik Palu Lecker memiliki kebutuhan yang lebih banyak dari  Keripik Azizah total biaya yang dikeluarkan oleh Keripik Palu Lecker adalah Rp. 11.900.000 sedangkan Keripik Azizah adalah Rp. 2.550.000 Jaringan Bisnis Keripik Palu Lecker meliputi Kota-Kota besar antara lain  Makassar, Manado, Semarang, Samarinda dan Surabaya, sedangkan Keripik Azizah jaringan bisnisnya hanya di dalam Kota Palu. Rata-rata jumlah produksi Keripik Palu Lecker  tiga bulan terakhir adalah  18 kg, sedangkan Keripik Azizah adalah 5 kg. Kepuasaan konsumen dari kedua UKM menunjukaan hasil positif atau puas, walaupun untuk Keripik Azizah masih terdapat keluhan terhadap     produk yang ditawarkan.

Badan Pusat Statistik,2015. Sebaran Usaha Kecil Menengah. BPS,Palu

Carter, William K dan Milton F. Usry.2004. Akuntansi Biaya, Penerjemah : Krista, Buku I, Edisi Ketiga Belas, Salemba Empat, Jakarta.

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi,2015. Unit UMKM.Palu
Eva, agustine. 2007. Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet. Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007.

Faidal, 2007. Kontribusi jaringan bisnis terhadap kinerja industri batik di Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Studi Manajemen. Vol 1 (2)

Fatmariani. 2011. Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi Open Source E-Commerce Terhadap Kinerja UKM Dengan Faktor-Faktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variable. Jurnal Teknologi dan Informatika Vol. 1 (1) : 71-78. STMIK PalComTech Palembang. Palembang.

Frisyalina, Agies Soja. 2011. Penerapan Dan Implementasi E-Commerce. Jakarta.

Hendriani, Maria. 2012. Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia. Jakarta.

Hsu, Shu-Hung (2012). Effect Competitive Strategy, Knowledge Management and Ebusiness Adoption on Performance. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 8, Taiwan : Nanhua University

Kasmir, 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-1. Penada Media. Jakarta.

Nuryanti. 2013. Peran E Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi Vol. 21 (4) : 7-9. Fakultas Ekonomi. Universitas Riau. Riau

Onno W Purbo dan Aang Arif Wahyudi. 2001. “Mengenal eCommerce”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sari, Rizki Masyita dan Hanoum, Syarifa. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Internet terhadap Peningkatan Kinerja UKM Menggunakan Metode Structural Equation Modelling. Jurnal Teknik ITS.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:. Alfabeta.

The Asia Foundation-Castle Asia (2002), “SMEs and E-Commerce in Indonesia”, Vol.1http://www.asiafoundation.org/p df/SMEsurvey_Indo.pdf.

Umar, H. 2005. Studi dalam Kelayakan Bisnis Jasa. Gramedia Pustaka Utama.

Yulimar, Vidi Arini dan Setiawan 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengadopsian Electronic Commerce Dan Pengaruhhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi IST AKPRIND Yogyakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Mas’ud Machfoedz. 2000. Akuntansi Manajemen 2. Edisi 3. BPFE. Yogyakarta .

Ningtyas P, Sunarko B, dan Jaryono. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Performance Vol 21. (1) 95-97. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto
Reni, R., & Laapo, A. (2021). PERBANDINGAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENJUALAN ELEKTRONIK ( E COMMERCE) (STUDI KASUS UKM KERIPIK PALU LECKER DAN KERIPIK AZIZAH). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(6), 1327 - 1336. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1117
Fulltext