IDENTIFIKASI LAPISAN AQUIFER AIR TANAH BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DENGAN TEKNIK VES DI DESA POMBEWE, KABUPATEN SIGI, PROVINSI SULAWESI TENGAH

Article History

Submited : December 29, 2021
Published : December 15, 2021

 Tujuan yang ingin dicapai pada studi ini yakni mengidentifikasi keberadaan lapisan akuifer air tanah bawah permukaan Desa Pombewe, Kabupaten  Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di Lokasi Rencana Tempat Pemboran Air Tanah  di Desa Pombewe, Kabupaten. Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah yang dimulai dari bulan Juni sampai September 2020. Metode VES atau Vertical Electrical Sounding adalah salah satu dari metode geolistrik. Metode VES digunakan untuk menduga lapisan-lapisan material di bawah permukaan Bumi berdasarkan sifat resistivitasnya. Nilai resistivitas (ρ) dihitung berdasarkan data arus listrik (I) dan beda potensial (V) yang diperoleh di lapangan. Data arus listrik dan beda potensial diperoleh dari injeksi arus listrik ke bawah permukaan bumi melalui pasangan elektroda arus (C1,C2) dan elektroda potensial (P1, P2). Hasil akuisi data berupa data arus listrik dan beda potensial. Proses pengolahan data membutuhkan data resistivitas semu bukan data arus listrik (I) dan beda potensial (V). Hasil penelitian  yang telah dilakukan pada lintasan GL 02 aquiver air tanah yang baik berada pada kedalaman 22 - 38 meter bmt  dengan ketebalan lapisan berkisar 16 m. Lapisan Akuifer lainnya terdapat pada lapisan ke enam yang bersifat akuifer menengah sampai tinggi dengan litologi berupa batu pasiran, pasiran berbutir sedang sampai kasar.

Lowrie, W., 2007, Fundamentals of Geophysics, 2nd Edition, Cambridge: Cambridge Universit Press.
Loke, M.H., 2000, Electrical Imaging Survey for Environmental and Engineering Studies, Diterima 06 Maret 2009, dari http://www.
geometrics.com.

Milsom, John, 2003, Field Geophysics, Third Edition, John Wiley and Sonds Ltd; London.

Sukamto, R., 1973, Peta Geologi Tinjau Lembar Palu Sulawesi Skala 1 : 250.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Taib, M.I.T., 2000, Dasar Metoda Eksplorasi Tahanan Jenis Galvanik, Diktat kuliah, Jurusan Teknik Geofisika FIKTM ITB Bandung.

Telford, W.M., L.P Geldart, & R.E. Sheriff, 2004, Applied Geophysics, 2nd Edition, Cambridge: Cambridge University Press.
Syukur, syamsul, Khaliq, M., & Madauna, I. (2021). IDENTIFIKASI LAPISAN AQUIFER AIR TANAH BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DENGAN TEKNIK VES DI DESA POMBEWE, KABUPATEN SIGI, PROVINSI SULAWESI TENGAH. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(6), 1568 - 1572. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1144
Fulltext