PENGARUH Beauveria bassiana DAN MIKORIZA TERHADAP SERANGAN ULAT BAWANG Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera: noctuidae)

Article History

Submited : February 17, 2022
Published : February 7, 2022

Hama yang banyak ditemukan pada pertanaman bawang merah adalah  Spodoptera exigua Hubner (lepidoptera: noctuidae). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Beauveria bassiana dan Mikoriza terhadap serangan Ulat Bawang (Spodoptera exigua). Penelitian ini disusun dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial, yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama yaitu pengaplikasian pupuk Mikoriza (M) dengan dosis 0 gram/tanaman (M0), 5 gram/tanaman (M1), dan 10 gram/tanaman (M2). Sementara faktor kedua yaitu bioinsektisida B. bassiana  (B) dengan pengaplikasian setiap 5 hari (B1) dan pengaplikasian setiap 10 hari (B2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kombinasi perlakuan B. bassiana dan Mikoriza tidak berpengaruh terhadap populasi S. exigua di semua usia tanaman. Namun secara terpisah, perlakuan B. bassiana berpengaruh nyata terhadap populasi S. exigua di semua usia tanaman. Perlakuan Mikoriza berpengaruh terhadap populasi dan serangan S. exigua di semua usia tanaman; dan 2) Aplikasi  B. bassiana dan mikoriza hanya berpengaruh nyata pada usia 7 MST.

Febrianasari, R., Hagus Trarno dan Aminudin Afandhi. 2014. Efektivitas Klorantraniliprol dan Flubendiamid pada Ulat Bawang Merah (Spodoptera exigua Hubner) (Lepidoptera: Noctuidae). Jurnal HPT, Vol. 2 (1) : 103-109.

Diana dan Daud. 2002. Entomopatogen Beauveria bassiana Sebagai Pengendali Organisme Tanaman. Materi Semiloka “Pelatihan dan Penyusunan Proposal Interkoneksitas Dosen Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia. Kerjasama Antara Lembaga Penelitian Unhas Dengan BPPK SDM Ditjen Dikti Depdiknas.

Hajoeningtijas, O. D. 2012. Mikrobiologi Pertanian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Handayanto dan Hairiyah. 2007. Biologi Tanah. Yogyakarta: Pustaka adipura.

Lasa, dkk. 2011. Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Bawang Putih. Bandung: Sinar Baru.

Mahr. S., 2003. The Entomophatogen Beauveria bassiana. University of Winconsin, Madison. Diakses dari http://www. Entomogy. Wisc. Edu/mbcn/kyF410.html. Tanggal 14 Maret 2019.

Moekasan dan Prabinigrum. 2012. Penerapan Ambang Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan pada Budidaya Bawang Merah dalam Upaya Mengurangi Penggunaan Pestisida. J. Hort. Vol. 22 (1) : 47-56.

Nurjanani dan Ramlan. 2008. Pengendalian Hama Spodoptera exigua Hubn. untuk Meningkatkan Produktivitas Bawang Merah pada Lahan Sawah Tadah Hujan di Jeneponto, Sulawesi Selatan. J. pengkajian dan pengembangan Teknologi Pertanian. Vol. 11 (2) : 164-170.

Prayudyaningsih. 2012. Mikoriza Dalam Pengelolaan Hama-Penyakit Terpadu Di Persemaian. Makassar: Balai Penelitian Kehutanan.
Prayogo. 2006. Optimalisasi Pengendalian Hama Pengisap Polong Kedelai (Riptortus linearis) Dengan Cendawan Entomopatogen Verticillium lecanii. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 24 (4) : 123-130.

Prasetyo, Wagiyana, dan Sutjipto. 2015. Efektivitas Agens Pengendali Hayati (Aph) Dan Insektisida Sintetik Untuk Pengendalian Hama Spodoptera exigua (Hubner) Pada Tanaman Bawang Merah Di Desa Matekan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Berkala Ilmiah Pertanian, Vol. 6 (2): 85-91.

Rauf, A. 1999. Dinamika Populasi Spodoptera exigua (Hubner) (Lepidoptera : Noctuidae) Pada Pertanaman Bawang Merah di Dataran Rendah. Buletin Hama dan Penyakit Tumbuhan Vol. 11(2): 39-47.

Sianturi NB, Pangestiningsih Y, Lubis L. 2014. Uji Efektifitas Jamur Entomopatogen Beauveria bassiana (Bals.) dan Metarrhizium anisopliae (Metch) terhadap Chilo sacchariphagus Boj. (Lepidoptera: Pyralidae) di Laboratorium. Fakultas PertanianUniversitas Sumatera Utara, Medan. J. Agrotek. Vol. v 2 (4) : 1607 – 1613.

Soetopo Dan Indrayani. 2007. Status Teknologi dan Prospek Beauveria bassiana Untuk Pengendalian Serangga Hama Tanaman Perkebunan Yang Ramah Lingkungan. Malang: Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat.

Tanada Y, Kaya HK. 1993. Insect Pathology. San Diego (US): Academic Press. INC. Harcourt Brace Javanovich, Publisher.

Untung K. 2008. Kebijakan Perlindungan Tanaman. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suciawanti, S., Saleh, S., Hasriyanty, H., & Valentino, V. (2022). PENGARUH Beauveria bassiana DAN MIKORIZA TERHADAP SERANGAN ULAT BAWANG Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera: noctuidae). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(1), 192 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1201
Fulltext