ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITI PERIKANAN TANGKAP DI DESA OGOTUA KECAMATAN DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLITOLI

Article History

Submited : August 12, 2022
Published : August 1, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pasok komoditi perikanan tangkap di Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purpossive dengan pertimbangan bahwa di Desa Ogotua terdapat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) yang merupakan pusat aktivitas perdagangan hasil perikanan. Metode penentuan responden yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu  dengan metode purpossive sampling dan tracing sampling. Responden nelayan sebanyak 31 dan responden pedagang sebanyak 8 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis rantai pasok (terdiri dari sasaran, struktur, sumberdaya, manajemen, proses bisnis, dan kinerja rantai pasok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis rantai pasok terdiri atas 1) Sasaran, sasaran pasar dibedakan berdasarkan jenis ikan, 2) Struktur, terdiri dari nelayan, pedagang pengumpul, pedagang besar, pengecer dan konsumen akhir, 3) Manajemen, hubungan mitra dagang tidak terikat sedangkan transaksi yang dilakukan meliputi pembayaran langsung, transfer rekening dengan perusahaan, 4) Sumber daya, jumlah hasil tangkapan ikan dan jenis ikan bervariasi berdasarkan jenis alat tangkap nelayan, sumber daya manusia yang dipekerjakan, ketersediaan fasilitas di PPP Ogotua dan sekitarnya telah cukup memadai, 5) Proses bisnis, hubungan bisnis antar pelaku rantai pasok perikanan meliputi aliran produk, aliran keuangan, dan aliran informasi, dan 6) Kinerja, menghasilkan perhitungan margin pemasaran yang tertinggi adalah ikan tuna sebeesar Rp. 25.000 dan terendah pada ikan teri yaitu sebesar Rp. 5.000.

Alfian, A dan Arif, S., 2012. Strategi Adaptasi Nelayan Terhadap Perubahan Ekologis. J. Makara, Seri Sosial Humaniora. Vol 16(1):68-78.

Annida M, dan Kania R. P., 2014. Sumberdaya Laut Nusantara: Kekayaan Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat. J. Kajian Ekonomi dan Keuangan. Vol 4(8):5-8. Jakarta. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

BPS., 2020. Kabupaten Gorontalo Utara Dalam Angka 2020. Kwandang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo Utara.

BPS., 2020. Kabupaten Tolitoli Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tolitoli.

Chopra, S. dan Meindehl, P., 2004. Supply Chain Management Strategy, Planning and Operation. Prentcite Hall, Upper Sadle River, New Jersey, 2nd Edition.

KKP., 2014. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. 18/PERMEN-KP/2014 Tentang Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia: Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Jakarta.
Kusumawati, P., 2010. Peningkatan Kinerja Usaha Perikanan Melalui Peningkatan Lingkungan Usaha Pada Alat Tangkap Cantrang (Boat Seine) dan Kebijakan Pemerintah Daerah di Kabupaten Rembang. J. Saintek Perikanan. Vol 6(1):36-45.

Lambert, D. M dan Cooper, M. C. (2000). Issues in Supply Chain Management. J. Industrial Marketing Management. Vol 29: 65-83.

Herawati, Rifin. A dan Tinaprilla, N., 2015. Kinerja dan Efisiensi Rantai Pasok Biji Kakao di Kabupaten Pasaman, Sumatera Utara. J. TIDP. Vol 2(1):43-50. Edisi Maret. 2015.

Marimin dan N. Magfirah, 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. IPB Press, Bogor.

Noval. M., A. Laapo, dan K.A.A. Aziz, 2013. Masterplan Pengembangan Ikan Pelagis di Sulawesi Tengah: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah dan PT Multikarsa Madatam, Palu.

Pujawan, I. N, 2005. Supply Chain Management. Guna Widya. Surabaya.

Pujawan, I. N dan Mahendrawati, 2017. Supply Chain Management, edisi 3. Yogyakarta: Andi.

PPP Ogotua. 2020. Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan, Ogotua.

Prayoga, M.Y., 2017. Peningkatan Kinerja Manajemen Rantai Pasok Tuna Segar di PPS Nizam Zachman Jakarta. J. Albacore. Vol 1(1):77-84. Edisi Februari. 2017.

Prayoga, M. Y., Iskandar, B. H., dan S. H., Wisudo, 2018. Peningkatan Kinerja Manajemen Rantai Pasok Ikan Tuna dan Cakalang di PPS Kendari. J. Techno-Fish. Vol 2(1):19-27.

Sevilla, Consuelo G. Ochave, Jesus A., Punsalan, Twila G., Regala, Bella P., dan Gabriel G. Uriarte, 1993. Pengantar Metode Penelitian. I-Press, Jakarta.

Suman, A., Wudianto, B. Sumiono, H. E. Irianto, Badrudin, dan K. Amri, 2014. Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP RI). Graphika, Jakarta.

Suman, A., H. E. Irianto, Badrudin, Satria. F dan K. Amri, 2016. Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP NRI) Tahun 2015 Serta Opsi Pengelolaannya. J. Kebijakan Perikanan Indonesia. Vol 2(2):97-100. Edisi November. 2016.

Van Der Vorst, 2006. Performance Measurement in Agri-Food Supply-Chain Networks. Hollandseweg Netherlands : Logistics and Operation Research Group, Wageningen University, Hollandseweg Wageningen, Netherlands.

Wudianto, 2014. Kajian ilmiah untuk mendukung RPP Tuna Cakalang Tongkol di Indonesia. Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumber Daya Ikan (P4KSDI), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan.
Tunnisa, M., Laapo, A., & Howara, D. (2022). ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITI PERIKANAN TANGKAP DI DESA OGOTUA KECAMATAN DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLITOLI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(4), 422 - 433. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1406
Fulltext