ANALISIS TITIK PULANG POKOK PRODUK OLAHAN COKELAT PADA INDUSTRI RAPOVIAKA SIMPLE DI KOTA PALU

Article History

Submited : Pebruari 1, 2023
Published : Pebruari 1, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Produksi industri Rapoviaka Simple  di Kota Palu Pada Kondisi Titik Pulang Pokok. Mengetahui Pendapatan dan Penerimaan Industri Rapoviaka Simple di Kota Palu mencapai titik pulang pokok. Responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa pimpinan perusahaan dan 2 tenaga kerja indusrti “Rapoviaka Simple” dapat memberikan informasi mengenai proses produksi, sehingga diharapkan dapat memperoleh data yang akurat sesuai dengan tujuan dalam penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Pulang Pokok. Hasil analisis menunjukkan bahwa Titik pulang pokok untuk  cokelat bar 5 varian rasa di capai pada produksi 209 kemasan  dengan  harga    Rp.18.000/kemasan maka nilai penjualan yang diterima adalah  Rp 3.762.000/bulan, sedangka titik ulang pokok untuk cokelat bar 8 varian rasa dicapai pada produksi 419 kemasan dengan harga Rp.18.000/kemasan maka nilaai penjualan  yang  diterima  adalah  Rp 7.542.000/bulan.

Ahyari, A .2011. Managemen Produksi : Perencanaan Sistem Produksi, Jurnal Ekonomi Pembangunan : Edisi Ke 5. Vol 4. Hal 33-35.

Anisah, 2017. Strategi Pengembangan Cokelat Pasta pada Industri Twins Cocolate di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis Vol 4(3) : 361-368.

Haming, M dan Basalamah, S., 2003. Studi Kelayakan Investasi, Proyek dan Bisnis. Penerbit PPM, Jakarta.

Jayanti, D, 2012. Pengertian Biaya dan Klasifikasi Biaya.http://bloggers.com/post/pengertian-biaya-dan-klasifikasi-biaya. Diakses tanggal 15 februari 2016.

Mansur, 2014. Titik Pulang Pokok Produk Olahan Cokelat Pada Industri Sa’adah Agency Di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis 2. Vol 2. (3). 295-302.

Periansya,2009. Titik Pulang Pokok Sebagai Alat Perencanaan Laba Jangka Pendek Perusahaan. Kumpulan Jurnal Teknika Vol 25 (1) 8-12.

Riyanto. 2007. Dalam Ahyadi 2015. Analisis Nilai tambah kue pia pada industri rumah tangga karya “an-Nur” Di kota Palu, jurnal e-j. Agrotekbis 3 Vol (6) : 739- 7.47

Saragih B, 1997. Peningkatan Keunggulan daya Saing Agribisnis Memasuki Era Persaingan. Pusat Studi Pembangunan Institut Pertanian Bogor.

Wawan. 2014. Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat pada industri Rumah Sa’Adah Agency di Kota Palu. Jurnal agrotekbis Vol 2 (1) :69-75.

Wiboson, 2011. Terori Ekonomi Produksi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wicaksono, R., 2012. Konsep Teori Produksi.http://bacindul.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 3 November 2015.

Wulandari. N 20010. Penentuan agribisnis ungggulan komoditi pertanian berdasarkan nilai produksi dikabupaten Grobongan Kumpulan Jurnal Teknika Vol 5 No. 1 Hal 10-13.

Wulandri, E 2020. Analisis Titik Impas Produk Olahan Cokelat Coverture Pada Industri Twins Chocolate Di Kota Palu. Repostoryuntad.URL.:http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4741.

Yogi, MS, 2006. Ekonomi Manajerial, Pendekatan Analisis Praktis, Media Grup, Jakarta