FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN SAYURAN KANGKUNG KECAMATAN AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Article History

Submited : Pebruari 16, 2023
Published : Pebruari 1, 2023

Penelitian bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari harga sayuran kangkung, harga sayur kacang panjang (Barang Subtitusi), pendapatan, tanggungan keluarga, selera terhadap permintaan sayuran kangkung. Penelitian telah dilaksanakan pasar pagi dan pasar sore ampana kota, lokasi penelitian sengaja dipilih (Purpossive). Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelititan ini yaitu Regresi Linear Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,728. Hasil Uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (12,827) > F-tabel (2,758), maka dapat disimpulkan bahwa model regresi linier berganda yang diestimasi layak dugunakan untuk menjelaskan pengaruh  harga sayur kangkung, harga kacang panjang, pendapatan konsumen, jumlah tanggungan keluarga, dan umur konsumen terhadap permintaan sayur kangkung secara simultan  atau secara bersama-sama, sedangkan hasil uji T menunjukkan variabel harga kangkung (thitung 7,177), harga kacang panjang (barang subsitusi) (thitung 1,293), pendapatan (thitung 2,219) masing-masing berpengaruh nyata terhadap permintaan sayur kangkung. Untuk jumlah tanggungan keluarga (thitung  0,825) berpengaruh  nyata terhadap permintaan sayur kangkung, kemudian untuk pengaruh umur konsumen (thitung  2,596) juga berpengaruh  nyata terhadap permintaan sayur kangkung di  Kecamatan Ampana Kota.

Briliantono, 2004. Produk pangan organic kian diminta. Bisnis. http:/www.Bisnis.com/pls/portal30/url/page/home_page. [diakses tanggal 5 Juli 2020].

Fajri, R. dan Fauzi, T. Indra. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Agribisnis Mahasiswa Pertanian Unsyiah (2) No.3 Hal 131-141.

Firdaus, 2008. Permintaan Pisang, Papaya Dan Jeruk Di Pulau Jawa. Soca Jurnal. Social Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, Vol 8. (3) : 273-278, 2008. Jurusan Soaial Ekonomi Pertanian Universitas Dipenogoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Model Pemasaran Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hikma. Effendy. Rustam. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Buah Naga (Hylocereus Costaricensis) Di Kota Palu. Palu : J. Agrotekbis 5(5) : 579-585. ISSN : 2338-3011.

Haryoto, 2009. Bertanam Kangkung Raksasa di Pekarangan. Kanisius Yogyakarta.

Jonathan, S. 2006. “Metode Penilaian Kuantitatif Dan Kualitatif”. PT. Graha Ilmu: Yogyakarta

Khaswarina, S., Tarumun, S., & Purnami, E. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Sawi Di Desa Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 12(2), 170-181.

Kotler, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Paradiba, Dela. Marhawati M. Arifudin L. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Sayur Organic Di Kota Palu. Palu : J. Agrotekbis 5(5) : 564-571. ISSN : 2338-3011.

Pratanayasa M, Wenegam I, W 2013. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengeluaran Rumah Tangga Untuk ( Studi Kasus Di Kelurahan Padang Sambian). E-Jurnal EP Unud. Vol 2. (11) : 525-532. ISSN : 2303-0178

Rahmawati, Djuwita. Edy, Agus 2018. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Jeruk Pamelo (Citrus Garandis) Dikabupaten Pati. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA). Vol 2 (3) : 179-186. ISSN : 2614-8174
Sugiarti, S. 2003. Usahatani dan Pemasaran Cabai Merah. Jurna Akta Agrosia (6), No 1, Hal 23-27.

Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta