ANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN MUJAIR DARI DESA TOMADO KECAMATAN LINDU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : Pebruari 17, 2023
Published : Pebruari 1, 2023

Pemasaran Ikan Mujair umumnya dipasarkan di Palu dan sekitarnya. Harga jual ikan mujair di tingkat produsen atau nelayan di Desa Tomado pada setiap saluran jauh berbeda dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir. Perbedaan harga yang cukup tinggi antara jumlah harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir dengan jumlah harga yang diterima nelayan diakibatkan adanya keterlibatan lembaga pemasaran dalam proses pembelian dan menyalurkan ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana bentuk saluran pemasaran dan besar margin pemasaran ikan mujair di Desa Tomado, (2) Bagaimana tingkat efisiensi dan harga yang diterima di tingkat nelayan di Desa Tomado. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi pada bulan Desember 2019. Penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh 38 sampel, analisis yang digunakan yaitu analisis Margin Pemasaran M = Hp – Hb, MT = M1 + M2 + M3 +...+Mn dan analisis yang kedua yaitu analisis Efisiensi Pemasaran Eps = (TB/TNP) x 100% analisis ketiga yaitu analisis Farmers Shere Sf = Pf/Pr x 100 %. Hasil penelitian menujukan bahwa Saluran Pemasaran ikan mujair yang ada di Desa Tomado yaitu ada 2. Margin pemasaran pada saluran (I) sebesar Rp. 19.000, saluran (II) sebesar Rp. 17.000. Efisiensi pemasaran pada saluran (I) sebesar 2,33 %, saluran (II) sebesar 3,60 %. Sedangkan bagian harga yang diterima nelayan atau Farmers Shere pada saluran (I) sebesar 24 % sedangkan pada saluran (II) sebesar 32 %.

Anindita., 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus, Surabaya.

Efendi, dan Oktariza., 2006. Manajemen Agribisnis Perikanan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Elpawati., T. Budiyanto., Zulmanery, 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Bandeng Desa Tambak Sari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Jurnal Agribisnis, Vol. 8, No. 1, Juni 2014. Hal 83 – 110

Jumiati. 2012. Analisis Pemasaran dan Tingkat Pendapatan pada Agribisnis Pengasapan Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis). Jurnal Ilmu Perikanan Vol. 1 (1).

Lapulalan., Yoisye, 2013. Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis) segar Di Pasar Binaya Kota Masohi. Jurnal Amanisa. Vol. 2 No.2 :46-54.

Nurdiana dan Marhawati, 2018. Pemasaran Ikan bandeng di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmiah Vol 1 No 1 Januari 2018.

Pamikiran, O. P. D. RR. Aling, 2013. Pemasaran Ikan Tuna (Thunus Albacores) Studi Kasus di Pasar Bersehati, Kelurahan Calaca, Kota Manado. Jurnal Ilmiah Platex Vol. 1. No.2 : 54-59

Rukmana, Rahmat. 2008. Ikan Mas Pembenihan dan Pembesaran. Aneka Ilmu. Semarang

Siregar, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana, Jakarta

Soekartawi, 2002, Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern, Pustaka Harapan, Jakarta.

Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Tompodung, Fredeik. G. Worang. Ferdy Roring ,2016. Analisis Rantai Pasok (supply chain) Ikan Mujair di Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa.

Yudiarosa, I., 2009. Analisis Ekspor Ikan Tuna Indonesia. Wacana Vol. 12, No.1 116-134.