PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR RUMPUT LAUT (Sargassum sp.)

Article History

Submited : September 18, 2023
Published : October 23, 2023

Pertumbuhan dan hasil tanaman turut ditentukan oleh kondisi lingkungan tumbuh, seperti ketersediaan hara.  Hara bagi tanaman bersumber dari senyawa anorganik maupun organik, dan salah satu sumber hara organik yang kian mendapat perhatian digunakan dalam budidaya tanaman adalah pupuk organik cair (POC) rumput laut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efek pemberian berbagai konsentrasi POC rumput laut Sargassum sp. terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Juni sampai Agustus 2022 di screen house Kebun Akademik Fakultas Pertanian Universitas Tadulako.  Penelitian ini menggunakkan Rancangan Acak Lengkap satu faktor dengan perlakuan yang dicobakan yaitu konsentrasi POC rumput laut yang terdiri atas empat taraf, yaitu tanpa pemberian POC; pemberian POC konsentrasi 1,5%; 3,0% dan 4,5%. Setiap perlakuan diulang sebanyak lima kali, sehingga terdapat 20 unit percobaan. Variabel yang diamati yakni tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar dan berat kering tanaman, panjang serta volume akar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis keragaman untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang dicobakan dan hasil analisis yang menunjukkan pengaruh nyata atau sangat nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur taraf 5% guna mengetahui perbedaan nilai rata-rata antar perlakuan yang dicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi POC rumput laut memberikan pengaruh yang nyata hingga sangat nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada.  Pertumbuhan dan hasil tanaman selada paling baik diperoleh pada konsentrasi 3,0% yang ditunjukkan dengan jumlah daun paling banyak serta postur tanaman dan volume akar paling tinggi; dan pada konsentrasi tersebut juga diperoleh berat segar dan berat kering tanaman maupun panjang akar yang cenderung lebih tinggi dibanding dengan perlakuan lainnya.

Abidin, S.Z., Oktavianus., Dan Adimihardja, S.A. 2017. Pertumbuhan dan Produksi Varietas Selada (Lactuca sativa L) Pada Berbagai Dosis Pupuk Organik Rumput Laut. Jurnal Agronida. 3 (2): 68-75. ISSN 2407-9111.
Ambarita, R., Lubis, A., Guchi, H. 2014. Penggunaan Rumput Laut (Sargassum Polycystum) Sebagai Bahan Pupuk Cair dan Pengaruhnya Terhadap Kandungan N, P, K, Ca, Mg Tanah Ultisol dan Produksi Sawi (Brassica juncea L.) Organik. Jurnal Online Agroekoteknologi. 2 (2): 793-802.
Budiasih. 2009. Respon Tanaman Padi Gogo Terhadap Cekaman Kekeringan. Ganec Swara Edisi Khusus 3:22-27.
Ergiansyah, D dan Iskandar, M., L. 2021. Pemberian Mikoriza dan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) pada Media Tanah Bekas Likuifaksi. Jurnal Agrotekbis. 9 (5): 1193-1203.
Fajrisani, S., Violitta., Eka, I., L., P. 2020. The Effect of Sargassum sp. Liquid Organic Fertilizer in the Growth of Spinach Plant (Amaranthus Hybridus L.) by Using Hydroponic. Bioscience. 4 (2): 179-188
Gunawan., Wijayanto, N., Wilarso, S., B. 2019. Karakteristik Sifat Kimia Tanah dan Status Kesuburan Tanah Pada Agroforestri Tanaman Sayuran Berbasis Eucalyptus sp. Jurnal Silvirkultur Tropika. 10 (2): 63-69.
Hanafiah, Kemas Ali. 2010. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Ismawati. 2021. Evaluasi Status Kesuburan Tanah pada Lahan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Kebun Penelitian Kelapa Sawit Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Skripsi. Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.
Kusmadi, L.B. 2017. Pemanfaatan Ekstra Sargassum sp. dengan Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Kepadatan Skeletonema costatum. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Pertenakan. Universitas Tadulako.
Leni, K., Fadil, M dan Nizar, A. 2019. Peningkatan Produksi Tanaman Bawang Daun (Allium Fistusolum)
Melalui Aplikasi Pupuk Organik Cair Rumput Laut (Sargassum sp.) di Kota Wisata Batu. Agrotrop. 9 (2): 146-153.
Lestari, R. 2013. Pengaruh Pupuk Organik Cair Turbinaria sp. (Phaeophyta) Terhadap Pertumbuhan dan Karakter Anatomi Kangkung Darat (Ipomoea reptans poir). Skripsi. Universitas Gadjah Mada.
Musa, L., Mukhlis., Rauf, A. 2006. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Palupi, E.R., Dedywiryanto, Y. 2008. Kajian Karakter Ketehanan Terhadap Cekaman Kekeringan pada Empat Genotipe Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq). Bul Agron 36 (1): 24- 32.
Permatasari, P., Kiagus, M.Z., Eksa, R., Refa, F., Farida, H., Evan, P.R., Septiana, S., Umar, H.A.H dan Arsi. 2021. Pertanian Organik. Yayasan Kita Menulis.
Rahmadani, J., Lubis, A dan Razali. 2019. Pengaruh Pemberian Kompos Cair Ganggang Coklat (Sargassum polycystum) yang Diperkaya Pupuk N, P, K Terhadap Sifat Kimia Tanah Ultisol dan Produksi Bawang Merah. Jurnal Agroekoteknologi FP USU. 7 (1): 156-162.
Wardhana, I., Hasbi, Hdan Wijaya, I. 2017. Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada(Lactuca Sativa L.) pada Pemberian Dosis Pupuk Kandang Kambing dan Interval Waktu Aplikasi Pupuk Cair Super Bionik. Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. 14 (2) 165-185.
Fitriyani, F., Basri, Z., & Nuraeni, N. (2023). PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR RUMPUT LAUT (Sargassum sp.). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 11(5), 1220 - 1229. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v11i5.1880
Fulltext