STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELOR SEDUH HOME INDUSTRI KELOTA DI DESA TINGGEDE KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : Desember 7, 2023
Published : Januari 19, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi alternatif apa yang baik untuk ditetapkan pada usaha kelor seduh home industri kelota di Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi.  Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive), Penelitian ini di laksanakan pada bulan September sampai bulan Desember.  Responden dalam penelitian ini diambil sebanyak 7 orang adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Treaths). Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor lingkungan internal dan eksternal diperoleh letak kuadran dalam strategi pengembangan usaha kelor seduh home industri kelota yaitu diagram SWOT yang menunjukan posisi strategi pengembangan usaha kelor seduh home industri kelota berada pada kuadran 1. Yaitu pada posisi strategi kekuatan – peluang (SO) startegi SO (Strenghts-Opportunities). Strategi kekuatan-peluang yaitu menggunakan kekuatan internal perusahan untuk memanfaatkan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang eksternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang yang ada.

Afief. 2006. Perilaku Konsumen. Pendekatan Praktis disertai:Himpunan Jurnal Penelitian (Yogyakarta. ANDI OFFSET, 2013). Hal 201.
Bahriyah I, A Hayati & H. Zayadi. 2015. Studi Etnobotani Tanaman Kelor (Moringa oleifera) di Desa Somber Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Madura. e-Jurnal Ilmiah BIOSAINTROPIS (BIOSCIENCE-TROPIC). 1(1):61-67.
Hardiyanthi F. 2015. Pemanfaatan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Dalam Sediaan Hand And Body Cream. Skripsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta. 121 hal.
Kholis N & Hadi F. 2010. Pengujian Bioassay Biskuit Balita yang disuplementasi Konsentrat Protein Daun Kelor (Moringa Oleifera) Pada Model Tikus Malnutrisi. Jurnal Teknologi Pertanian.11.(3):144-151.
Krisnadi, A Dudi. 2015. Kelor Super Nutrisi. Blora: Pusat Informasi dan Pengembangan Tanaman Kelor Indonesia.
Liyanti PR, Budhi S & Yusro F. 2015. Studi Etnobotani Tumbuhan yang dimanfaatkan di Desa Pesaguan Kanan Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Jurnal Hutan Lestari. 393: 421-433.
Mardiana, L. 2013. Daun Ajaib Tumpas Penyakit Cetakan 5. Jakarta: Penebar Swadaya.
Mendeita A,B., Sporndly, Reyes Sanchez, Salmeron Miranda, dan Halling, 2013. Biomas Production and Chemical Composition of Moringa Oleifera under Different Planting Densities and Levels of Nitrogen Fertilization. Agroforest.
Mujianti dan Sukmawati. (2018). Efek Anti Hiperglikemik Teh Dun Kelor (Moringa Oleifera) Pada Wanita Dewasa Dengan Pradiabetes. Jurnal Kesmas.7(6)1-10.
Mutiara T, Harijono, Estiasih T &Sriwahyuni E. 2012. Nutrient Content of Kelor (Moringa Oleifera Lamk) Leaves Powder Under Different Blanching Methods. Food and Public Health. 2(6): 296-300.
Nasir, S., Soraya, D.F., dan Pratiwi, D., 2010. Pemanfaatan Ekstrak Biji Kelor (Moringa Oliefera L.) Untuk Pembuatan Bahan Bakar Nabati. Universitas Surabaya Teknik Kimia.
Oktafiani R. 2018. Etnobotani Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Desa Rahtawu di Lereng Gunung Muria Kudus. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo. 128 hal.
Putro, Shandy Widjoyo. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuaasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2, No. 1,1-9
Rangkuti, 2014. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta . PT Gramedia Pustaka Utama.
Toripah, SS, Abidjulu J & Wehantouw F. (2014) Aktivitas Antioksidan dan Kandungan Total Fenolik Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera Lam). Pharmacon Jurnal Ilmiah 9Farmasih UNSRAT. 3(4):37-43.
Winarno, 2018. Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat , dan Potensi Usaha , Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 124 Halaman.
Wiguna, Imam.(2018). Pasar & Khasiat Kelor. Depok: PT Trubus Swadaya.
Yantu, M. R 2012. Analisis SWOT Penentuan Rating Menggunakan Metode Obyektif. Pasca Sarjana Untad. Palu.