EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) DI DESA MAKMUR KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : January 11, 2024
Published : February 28, 2024

Evaluasi  kesesuaian  lahan adalah  proses  penilaian  penampilan  atau  keragaman   lahan jika digunakan  untuk  tujuan  tertentu  meliputi   pelaksanaan dan interpretasi survei dan studi bentuk lahan, tanah, vegetasi, iklim dan aspek lahan lainnya, agar  dapat  mengidentifikasi dan membuat perbandingan berbagai penggunaan lahan yang mungkin dikembangkan. Penelitian ini  bertujuan  untuk  menentukan tingkat kesesuaian lahan untuk  budidaya tanaman Ubi Jalar di Desa Makmur Kecamatan Palolo, namun demikian kesesuaian lahan  tanaman ubi jalar untuk wilayah ini belum diketahui atau di teliti. Penelitian evaluasi kesesuaian lahan ini merupakan jenis penelitian deskriptif (Non Eksperimen). yaitu SPL 1 dan SPL 2, dengan tingkat  kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai) dimana faktor pembatas yang dimiliki adalah media perakan hara tersedia dan tingkat bahaya erosi.Lahan yang berpotensi dapat ditanami ubi jalar untuk kedepan setelah dilakukan perbaikan dengan perioritas tinggi iyaitu SPL 3 dengan kelas kesesuaian lahan N1 dengan faktor pembatas tingkat bahaya erosi.Lahan yang tidak dapat samasekali ditanami ubi jalar iyaitu terdapat pada SPL 4 dan 5 dengan faktor pembatas bahaya erosi.

Arsyad S, 1989. Konservasi Tanah Dan Air. Jurusan Tanah Fakultal Pertanian IPB, Bogor.
BPS,2018.Kecamatan palolo Dalam Angka. Rio, sigi

Djaenudin, D., Marwah H., Subagyo., dan A Hidayat. 2003. Petunjuk Tekhnis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian. Pusat penelitian da pengembangan Tanah dan Agroklimat, Badan Penelitian dan pengembangan pertanian Departemen Pertanian Bogor.
Jurnal agritect Vol 33, nomor 2. Mei 2013 (209). Evaluasi kesesuaian lahan dan optimasi pengunaan lahan untuk pengembangan tanaman kakao (Theobroma cacao L).
Jurnal badan penelitian nomor 17. Maret 2009 (23). Teknologi budidaya praktis ubi jalar mendukung ketahanan pangan dan usaha agroindustri.
Poernomo. 1992. Pemilihan Lokasi Tambak Udang Berwawasan Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian . Dep. Pertanian. Jakarta.
Karim,A., U.S. Wiradisastra, Sudarsono, dan Yahya, S. 1996. Evaluasi Kesesuaian Lahan Kopi Arabika Carifnac Mi Aceh Tengah. Jurnal Tropikah.
Sitorus S. R. P, 1985. Evaluasi Sumberdaya Lahan. Tarsito, Bandung.
Siswanto, B., 1993. Evaluasi Lahan. Diktat Kuliah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang
Fitriani, F., Hasanah, U., & Zainuddin, R. (2024). EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) DI DESA MAKMUR KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(1), 74 - 82. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i1.2038
Fulltext