Analisis Pendapatan Dan Pemasaran Ikan Cakalang Di Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala

Article History

Submited : June 25, 2020
Published : February 28, 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan nelayan dan besarnya margin pemasaran  dari hasil penjualan ikan cakalang di Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Penentuan responden nelayan perikanan tangkap dilakukan dengan menggunakan metode simpel random sampling, dimana setiap nelayan mempunyai kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel. Jumlah responden yang diambil sebanyak 40 dari total anggota populasi sebanyak 320 nelayan yang berusaha dibidang perikanan tangkap di Kelurahan Labuan Bajo, antaranya 32 orang nelayan, 4 orang pedagang pengumpul dan 4 orang pedagang pengecer. Hasil analisis pendapatan pada penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata penerimaan yang diperoleh nelayan ikan cakalang adalah Rp. 2.396.283,- rata-rata total biaya produksi sebesar Rp. 590.910,- rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.805.372 per bulan. Analisis pemasaran ikan cakalang di Kelurahan Labuan Bajo adalah harga yang diterima oleh nelayan pada saluran I sebesar 57,69 sehingga efisiensinya adalah 15,33% dan pada saluran II bagian harga yang diterima nelayan sebesar 73,07% sehingga efisiensinya adalah 15,39%.Pemasaran ikan cakalang pada saluran II lebih efisien dibandingkan dengan saluran I, karena harga yang diterima nelayan pada saluran II lebih besar dibandingkan saluran I.

Hudria, H., & Effendy, E. (2018). Analisis Pendapatan Dan Pemasaran Ikan Cakalang Di Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 6(1), 1 - 8. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/247
Fulltext