Pengembangan Strategi Pemasaran Keripik Pisang Pada Industri Raja Bawang Di Kota Palu

Article History

Submited : June 25, 2020
Published : February 28, 2018

Industri Raja Bawang merupakan salah satu usaha yang memproduksi keripik pisang, industri ini bertempat di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 33 Kota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi Industri Raja Bawangdalam pengembangan strategi pemasaran keripik pisang, menganalisis pengembangan strategi pemasaran keripik pisang pada IndustriĀ  Raja Bawang.Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 1,15 dengan skor kekuatan 2,15 dan skor kelemahan sebesar 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatanĀ  pada Industri Raja Bawang lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh EFAS, yaitu sebesar 3,54 dengan skor peluang 2,1 dan skor ancaman sebesar 1,44. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh Industri Raja Bawang lebih besar dari faktor ancaman . Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal pengembangan strategi pemasaran keripik pisang sebagai sumbu X yaitu 1,15 sedangkan faktor eksternal pada Industri Raja Bawang sebagai sumbu Y yaitu 0,66. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi usaha keripik pisang pada Industri Raja Bawang saat ini pada kuadran I, dimana pada posisi tersebut merupakan posisi yang menguntungkan bagi industri karena industri dapat menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Matantu, I., & Lamusa, A. (2018). Pengembangan Strategi Pemasaran Keripik Pisang Pada Industri Raja Bawang Di Kota Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 6(1), 9 - 17. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/248
Fulltext