FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH PIR (PYRUS) PADA PASAR MODEREN HYPERMART PALU GRAND MALL
Article History
Submited : June 30, 2021
Published : August 27, 2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen terhadap permintaan buah pir pada Pasar Moderen Hypermart Palu Grand Mall. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2018. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen Buah Pir, sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar moderen Hypermart Palu Grand Mall. Hasil uji t, menunjukan secara parsial variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall adalah pendapatan, harga buah pir dan selera konsumen, sedangkan harga buah apel impor dan tanggungan keluarga merupakan variabel yang tidak memberikan pengaruh nyata kepada permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall.
BPS, 2017 Sulawesi Tengah Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kota Palu.
Damianus K, 2015. Analisis Permintaan Buah Anggur (Vitis Sp) pada Pasar Modern Di Kota Ambon. Volume 3 No.3Oktober 2015.
Direktur Jendral Hortikultura. 2015. Perkembangan PDB Komuditas Hortikultura Indonesia.
Evansyah, D. 2018. Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Konsumen terhadap Sayuran Kangkung Darat di Kota Palu. SkripsiFakultas Pertanian Universitas Tadulako.
Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Kementerian Pertanian, 2009. Rencana Strategi Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014..
Nicholson, 2001. Teori Ekonomi Mikro I. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
SBI Hypermart Palu Grand Mall, 2017. Volume Pembelian Buah Impor.
Setiadi N.J. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparmoko. 2011. Hubungan tingkat pendapatan rumah tangaa dan jumlah barang yang dikonsumsi . Vol 1. (4) : 874-878, Juli 2015.
Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi: Yogyakarta.