FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH PIR (PYRUS) PADA PASAR MODEREN HYPERMART PALU GRAND MALL

Article History

Submited : June 30, 2021
Published : August 27, 2020

Keywords:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen terhadap permintaan buah pir pada Pasar Moderen Hypermart Palu Grand Mall. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2018. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen Buah Pir, sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar moderen Hypermart Palu Grand Mall. Hasil uji t, menunjukan secara parsial variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall adalah pendapatan, harga buah pir dan selera konsumen, sedangkan harga buah apel impor dan tanggungan keluarga merupakan variabel yang tidak memberikan pengaruh nyata kepada permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall.

Alfauzan, Fer. dkk, 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Impor Di Pasar Johar Kota Semarang (Studi Kasus Buah Apel Fuji Dan Jeruk Mandarin). Jurnal Mediagro Vol. 11 No. 1 Hal 35-46.

BPS, 2017 Sulawesi Tengah Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kota Palu.

Damianus K, 2015. Analisis Permintaan Buah Anggur (Vitis Sp) pada Pasar Modern Di Kota Ambon. Volume 3 No.3Oktober 2015.

Direktur Jendral Hortikultura. 2015. Perkembangan PDB Komuditas Hortikultura Indonesia.

Evansyah, D. 2018. Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Konsumen terhadap Sayuran Kangkung Darat di Kota Palu. SkripsiFakultas Pertanian Universitas Tadulako.

Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Kementerian Pertanian, 2009. Rencana Strategi Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014..

Nicholson, 2001. Teori Ekonomi Mikro I. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

SBI Hypermart Palu Grand Mall, 2017. Volume Pembelian Buah Impor.

Setiadi N.J. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta.

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparmoko. 2011. Hubungan tingkat pendapatan rumah tangaa dan jumlah barang yang dikonsumsi . Vol 1. (4) : 874-878, Juli 2015.

Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi: Yogyakarta.
Putri, N. P., Marhawati, M., & Asih, D. N. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH PIR (PYRUS) PADA PASAR MODEREN HYPERMART PALU GRAND MALL. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(5), 994 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/829
Fulltext