KELIMPAHAN JENIS SERANGGA PENGUNJUNG PADA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

Article History

Submited : June 30, 2021
Published : October 27, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan serangga yang mengunjungi tanaman kacang panjang. Sampling serangga dilakukan setiap seminggu sekali menggunakan perangkap kuning dan jaring serangga yang dilakukan 3 kali ulangan dan 5 kali pengambilan sampel. Serangga yang ditemukan diawetkan dalam larutan alcohol 70% kecuali kupu-kupu dan ngengat dan selanjutnya diidentifikasi berdasarkan buku kunci determinasi serangga di Laboratorium Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Hasil penelitian  menunjukkan terdapat total 455 individu serangga yang ditemukan yang meliputi dalam 8 ordo, 12 famili dan 21 spesies. Ordo dan Famili yang ditemukan adalah Diptera (Drosophilidae, Tephritidae dan Tachinidae), Hymenoptera (Formicidae dan Argidae), Coleoptera ( Coccinelidae, Chrysomelidae dan Scarabidae), Lepidoptera (Noctuidae), Blataria (Blattelidae), Homoptera (Cicadellidae), Hemiptera (Reduvidae dan Alynidae), Dermaptera ( Forficulidae). Ordo yang paling banyak ditemukan individunya  adalah ordo Dipteradengan kelimpahan relative 38,02% dan yang paling sedikit adalah ordo Blataria dan ordo Dermaptera dengan kelimpahan relative masing-masing 0,21%. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah Empoascini sp. dengan kelimpahan relative 22,41% disusul archytas sp. Dengan kelimpahan relative 21,53% dan spesies dengan jumlah yang paling sedikit adalah Galghupa sp., Blatella sp., dan Euborellia sp. Dengan kelimpahan  0,21%.

Adrian RF, Maretta G.2014.Keanekaragaman serangga pollinator pada bunga tanaman tomat (solanum lycopersicum) di kecamatan gisting kabupaten tanggamus.

Asripah. 2000. Bercocok Tanam Kacang Panjang. Jakarta:Azka Press.

Atmowidi T. 2008. Keanekaragan Dan Perilaku Kunjungan Serangga Penyerbuk Serta Pengaruhnya Dalam pembentukan Biji Tanaman Caisin (Brassica Rapa L. Brassiceae). Institut Pertanian bogor. Disertasi. Bogor

Borror. 2004. Study of Insect.Ed-7. Amerika: Thomson Brook/ Cole.

Clarisa D, Kasmara H. 2016.Keanekaragaman Serangga Penyerbuk Tanaman Mentimun (Cucumis sativus, L.) di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Lembang, Jawa Barat

Clarisa, D., Hikmat. K., 2016.Keanekaragaman Serangga Penyerbuk Pada Tanaman Mentimun (cucumis sativus L.) Di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Lembang, Jawa Barat. Departemen Biologi, Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran.

Dafni, A, 1992.Pollination Ecology a Practical Approach.Oxford University Pres. dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Jakarta.

Faheem M, Aslam M,& Razaq M. 2004. Pollination ecology with special reference to insects a review.J ResSci 4:395-409.

Hadi, M., Tarwotjo, U. & Rahadian, R., 2009. Biologi Insekta Entomologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haryanto. 2007. Budidaya Kacang Panjang. Penebar Swadaya. Jakarta.
Indraswari, A. G. 2016 Keanekaragaman, aktivitas kunjungan, dan keefektifan lebah Penyerbuk pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum L: Solanaceae) [Skripsi]. Institut pertanian Bogor.

Khairiah, N., Dahelmi, dan Syamsuardi. (2012). Jenis-jenis serangga pengunjung bunga pacar air (Impatiens balsamina Linn. :Balsaminaceae). Jurnal Biologi Universitas Andalas (J. Bio. UA.).hlm : 9-14.

Kremen, C. et al., 2004. The area requirements of an ecosystem service: crop pollination by native bee communities in California. Ecology Letters, 7, pp.1109-19. Gajah Mada University Press.

Susilawati,2016. Keanekaragaman dan Kelimpahan Serangga Pengunjung Bunga Mentimun pada Struktur Lanskap Berbeda

Taki H, Kevan PG.2007. Does habitat loss affect the communities of plants and insect equally in plant-pollinator interaction preliminary findings.Blodiversity Conservation. 16:3147-3161.Univ. Press.

Untung, K. 1993. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu. Yogyakarta: UGM Press.
Hawati, H., & Hasriyanty, H. (2020). KELIMPAHAN JENIS SERANGGA PENGUNJUNG PADA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(5), 1131 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/857
Fulltext