PEMASARAN BERAS DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Article History
Submited : July 25, 2024
Published : July 18, 2024
Pemasaran menyebabkan berpindahnya hak milik atas barang serta jasa dari produsen hingga
sampai ke konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran,
margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani, dan efisiensi pemasaran beras di Desa
Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan Analisis
Deskriptif untuk Bentuk Saluran Pemasaran, Analisis Margin Pemasaran dan Total Margin Pemasaran
(MT), Bagian Harga yang Diterima Petani (SF), dan Efisiensi Pemasaran (Eps). Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juni 2023 sampai bulan Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat dua bentuk saluran pemasaran beras yang ada di Desa Purwosari yaitu: 1.) Petani
Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen. 2.) Petani Pedagang Pengumpul Pedagang
Besar Pedagang antar Provinsi Konsumen. Margin pemasaran beras yang diperoleh di Desa
Purwosari pada saluran pemasaran pertama yaitu Rp.2000/Kg, dan pada saluran pemasaran kedua
yaitu sebesar Rp.3.000/Kg. Bagian harga yang diterima petani dari pemasaran beras pada saluran
pemasaran pertama yaitu sebesar 83,33%, dan bagian harga yang diterima petani pada saluran
pemasaran kedua sebesar 76,92%. Nilai efisiensi pemasaran beras di Desa Purwosari pada saluran
pemasaran pertama yaitu 1,77%, dan nilai efisiensi pemasaran beras pada saluran pemasaran kedua yaitu 2,47%. Sehingga dari kedua saluran tersebut saluran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran
pertama dengan nilai efisiensi sebesar 1,77%.
Fulltext