EFISIENSI PEMASARAN CENGKEH DARI DESA SIGEGA BERSEHATI KECAMATAN TINOMBO SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Article History
Submited : July 25, 2024
Published : July 20, 2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi
pemasaran cengkeh dari Desa Sigega Bersehati Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi
Moutong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan Agustus 2023 di Desa Sigega
Bersehati. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari petani cengkeh, pedagang pengumpul dan
pedagang besar. Pengambilan sampel petani menggunakan metode purposive yaitu sebanyak 10 orang
responden. Pengambilan sampel pedagang pengumpul dan pedagang besar menggunakan metode
snowball sampling yaitu sebanyak 3 pedagang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis margin pemasaran, farmer’s share dan
efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total margin pemasaran yaitu Rp.10.000.-
dengan margin pada masing-masing lembaga pemasaran sebesar Rp.5.000.-. Hasil analisis farmer’s
share menunjukkan bahwa bagian harga yang diterima petani tinggi yaitu 92% sesuai dengan kriteria
>50% efisien. Hasil analisis efisiensi pemasaran cengkeh yaitu 1,33% dengan demikian pemasaran
cengkeh dari Desa Sigega Bersehati efisien sesuai dengan kriteria 0-33% sama dengan efisien.
Fulltext